Pasific Pos.com
Papua Selatan

Turun Langsung Bersihkan Pantai, AKBP Untung Sangaji Ingin Menggugah Warga Cinta Kebersihan

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum memimpin langsung kegiatan pembersihan Pantai Lampu Satu Jumat lalu. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kapolres Merauke dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan Kapolres tidak segan-segan ikut memungut sampah yang berserakan yang dimulai sejak pukul 07.30 pagi itu. Penuh kebersamaan dan kekompakan, sosok pimpinan yang humanis ini turut melebur bersama anggotanya memungut sampah.

Kapolres dalam arahannya saat apel persiapan menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan peduli kebersihan pantai. “Bisa kita lihat bersama di tempat kita berdiri saat ini sampah yang berserakan. Oleh sebab itu setelah kita lakukan kegiatan bersih-bersih diharapkan pengunjung dan masyarakat tidak lagi buang sampah sembarangan,” ujar Kapolres. Kapolres menambahkan melalui kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, pihaknya ingin menggugah warga sekitar, pengunjung maupun pedagang di sekitar pantai untuk menjaga kebersihan.

Seyogyanya pantai ini punya nilai jual, tapi kalau kondisinya kotor maka kurang sedap di pandang mata. Oleh karena itu warga Merauke harus menjaga pantai ini agar terlihat bagus dan layak untuk dikunjungi. Hal senada juga ia sampaikan saat ditemui wartawan usai kegiatan bahwa pihaknya sudah menyusun agenda untuk membersihkan lingkungan sekitar pantai hingga sarana ibadah dan fasilitas umum lainnya. Kegiatan akan diatur untuk dilaksanakan setiap minggu atau setiap bulan.

Namun khusus area pantai sudah ada jadwal khusus. “Jadi sifatnya wajib dan tidak boleh ada yang menolak. Apelpun akan dilakukan langsung di pantai. Pantai ini sebenarnya indah sekali dan akan lebih indah lagi jika dibersihkan secara rutin,”jelasnya. Lebih lanjut ia mengungkapkan, sangat tidak sopan dan tidak beretika ketika setiap saat hasil laut dapat diambil dan dimanfaatkan namun di sisi lain pantai malah dibuat kotor. Upaya yang ia lakukan semata-mata sebagai bentuk keprihatinan akan kondisi pantai yang kotor.

Bahkan selain aksi bersih-bersih, dirinya menginginkan suatu saat nanti dapat membuat sebuah area permandian dengan air laut yang bersih. “Ada contohnya, sterilisasi air laut yang sudah saya buat. Jika memang ada alokasinya dan ada tempatnya dari Pemda setempat maka akan saya buat,”jelasnya. Kapolres juga tegas menyatakan bahwa jika warga kedapatan membuang sampah sembarangan maka akan dikenakan sanksi hukum guna meningkatkan kesadaran masyarakat.

Artikel Terkait

Senjata Api Anggota Polres Kembali Diperiksa

Arafura News

Putri Indonesia Papua Barat Salut Dengan Program Home Industri Kapolres Merauke

Arafura News

Pokja Zona Integritas Resmi Dibentuk

Arafura News

Gerak Cepat Kapolres Merauke Dan Timsus Rajawali

Arafura News

Terkait Tahanan Makar Yang Wafat, ‘Kapolres Bantah Ada Penyiksaan’

Arafura News

Pererat Silaturahmi Dan Persaudaraan, ‘Kapolres Untung Sangaji Ajak Masyarakat Binaan Dinner Bareng’

Arafura News

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News