Pasific Pos.com
Papua Selatan

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

1905212
Kapolres saat memberikan baju yang menggunakan kancing batok kelapa kepada siswanya yang seorang pendeta (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Usaha keras dan mulia yang terus dilakukan oleh Kapolres dari ujung timur Indonesia ini semakin membuahkan hasil dengan semakin banyaknya masyarakat yang tertarik dengan gagasan home industrinya dalam memproduksi kancing baju unik dari bahan baku limbah batok kelapa. Seiring berjalannya waktu, AKBP Untung Sangaji selaku sang penggagas semakin dikenal, tidak hanya ketegasannya sebagai seorang komandan tetapi juga kepiawaian dirinya dalam memberdayakan masyarakat untuk trampil membuat produk home industri yang memiliki nilai jual tinggi.

Masyarakat yang dilatih oleh sosok viral penumpas teroris di Sarinah Thamrin Jakarta Pusat pada 2016 silam ini semakin meluas dari berbagai kalangan dan semakin antusias untuk membuat kancing baju unik tersebut mengingat banyak manfaat yang akan didapat. Di berbagai kesempatan, putra dari seorang anggota Yonif 733/BS ini selalu menekankan tentang kedisiplinan dan keseriusan kepada seluruh peserta yang dilatih.

Karena baginya, kedua hal tersebut adalah indikator penting dalam menunjang suksesnya tahapan pelatihan home industri yang ia gagas. Yang terbaru, Kapolres kelahiran Waimital Kairatu Seram Bagian Barat Maluku ini berhasil melatih sejumlah pendeta yang pada akhirnya betul-betul mampu membuat kancing baju dari batok kelapa dengan hasil cukup baik.

Ia bangga akan hal itu dan berharap semakin banyak masyarakat yang dapat memiliki kemampuan serupa demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. “Salah satu siswa saya seorang pendeta, akhirnya pandai membuat kancing setelah berlatih membuat kancing unik batok kelapa selama dua hari di samping saya. Jadi benar-benar saya awasi dan saya latih dengan optimal sehingga bisa berhasil. Alhamdulilah, kancingnya laku, bajunyapun terjahit dan ketrampilan beliau selaku pendetapun berjalan mulus. Semua dilakukan demi anaknya yang kuliah di Pulau Jawa dan ini menjadi contoh terbaik untuk kita semua,”jelas Kapolres Untung Sangaji kepada ARAFURA News kemarin.

Mantan Kapolres Aceh Utara ini mengemukakan, pendeta tersebut dilatih dalam pelatihan yang dilaksanakan bagi jemaat kawasan Naukenjerai kerja sama dengan Klasis GPI Papua beberapa waktu lalu. Yang bersangkutan juga telah menyerahkan hasil karyanya berupa produk kancing sebanyak dua botol kepada dirinya langsung di Polres dan ia sangat mengapresiasi. “Jadi semuanya mempunyai nilai dimana kancingnya dibeli dengan tampilan yang bagus, modelnya juga keren. Peserta pelatihan lainnya dari Distrik Naukenjerai juga akan menyusul memberikan hasil kancingnya nanti,”terang Untung Sangaji.

Pria yang pernah bertugas sebagai Perwira Menengah Pusdikpolair Lemdiklat Polri ini menambahkan bahwa apa yang dilakukannya demi membantu masyarakat di daerah ini dan semua ikhlas karena pada dasarnya ia memang sangat mencintai masyarakat. Hal serupa juga ia lakukan saat bertugas sebagai Kapolres Aceh Utara dimana banyak masyarakat Aceh yang tertolong berkat sentuhan kebaikannya dan kerelaan hatinya dalam membantu sesama.( Istya Sari Utami).

Artikel Terkait

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Kapolres Mulai Tegas Soal Penertiban Sajam

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kedekatan Sang Jenderal Saat Bertemu Anak Panti Asuhan

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

Amankan Venue, Satpam Bakal Dilatih

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans