Pasific Pos.com
Papua Selatan

Swiss-Belhotel Merauke Sigap Tangani Musibah Kebakaran

Swiss-Belhotel Merauke
Suasana simulasi yang dilakukan kemarin (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Para tamu yang menginap di Swiss-Belhotel Merauke diselimuti kepanikan yang luar biasa ketika alarm tanda kebakaran berbunyi dengan kerasnya sehingga mereka berupaya untuk menyelamatkan diri. Begitu pula dengan seluruh karyawan hotel mewah tersebut, berupaya untuk menyelamatkan diri dan juga para tamu yang ada di hotel. Mereka nampaknya sudah terlatih untuk melakukan pertolongan pertama ketika terjadi musibah kebakaran di hotel tersebut sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Berkat kesigapan para karyawan dan petugas pemadam kebakaran untuk mengatasi kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIT kemarin akhirnya semua orang dapat dievakuasi meskipun ada satu orang yang menjadi korban. Namun peristiswa tersebut bukan kejadian yang sesungguhnya melainkan bagian dari adegan simulasi penanganan musibah kebakaran yang kembali digelar pihak Swiss-Belhotel Merauke. Simulasi tersebut berlangsung sukses dan lancar sejak awal hingga selesai dan ditutup dengan makan siang bersama antara pihak Swiss-Belhotel, kepolisian, petugas pemadam kebakaran dan wartawan berbagai media yang ikut meliput.

General Manager Swiss-Belhotel Merauke, Hery Prasetioseno kepada wartawan mengemukakan bahwa saat simulasi digambarkan terjadi kebakaran dari sebuah kamar di lantai dua. Unit tim respon langsung bergerak cepat untuk mengamankan titik api namun ternyata api tidak bisa dikuasai. Akhirnya tim menyampaikan kepada pimpinan hotel agar segera mengambil langkah dengan menghubungi petugas pemadam kebakaran, kepolisian dan rumah sakit karena ada yang menjadi korban. Tim kepolisian dan pemadam kebakaran merespon dengan sangat cepat sesuai dengan estimasi waktu yang sudah ditentukan. Hery mengungkapkan, simulasi bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang ada di Swiss-Belhotel dalam menghadapi kondisi darurat yang terjadi di lingkup hotel. Ia menjelaskan, dari total 103 kamar semuanya dilengkapi dengan sistem alarm dan jalur evakuasi yang berada di belakang pintu sehingga dapat dikatakan untuk fasilitas pengamanan Swiss-Belhotel sudah sangat lengkap.

Artikel Terkait

Dinilai Aktif Memproteksi, Swiss-Belhotel Diharap Jadi Contoh

Arafura News

SMKN 2 Apresiasi Swiss-Belhotel Dukung Lomba Kompetensi Siswa

Arafura News

Re Opening Package, Gebrakan Harga Murah Swiss-Belhotel

Arafura News

Hery : Modifikasi Sajian Menu, Kualitas Tetap Terjaga

Arafura News

Tepis Kekuatiran Masyarakat, ‘Swiss-Belhotel Tawarkan Promo Lock Down Packages’

Arafura News

Gerak Cepat Swiss-Belhotel Antisipasi Wabah Corona

Arafura News