Pasific Pos.com
Papua Selatan

Meski Sudah Berdiri Sendiri, IKPM Tetap Bersinergi Dengan HKJM

IKPM Tetap Bersinergi Dengan HKJM
Ketua Umum IKPM, Asep Surya Putra (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Ketua Umum Ikatan Keluarga Pasundan Merauke (IKPM), Asep Surya Putra mengemukakan bahwa pihaknya tetap menjaga sinergitas dan rasa persaudaraan dengan warga asal tanah Jawa lainnya yang tergabung dalam paguyuban Himpunan Keluarga Jawa Madura (HKJM) Kabupaten Merauke meskipun warga Pasundan tidak lagi tergabung dalam paguyuban tersebut. Sebelum dirinya dikukuhkan sebagai ketua yang baru, pengurus lama memang sudah melayangkan surat kepada pihak HKJM untuk memberitahukan bahwa Pasundan sudah keluar dan sekarang berdiri sendiri.

Oleh sebab itu dirinya yang saat ini memimpin kepengurusan baru hanya tinggal melanjutkan tongkat estafet kepengurusan untuk periode sekarang. Namun ia menegaskan bahwa sinergitas tetap akan dipertahankan dengan warga HKJM sehingga tali silaturahmi dan kebersamaan dapat terus terjaga. “Dalam hal ini kita tetap menjalin persaudaraan dan tetap guyub untuk membangun kebersamaan dengan seluruh paguyuban yang ada di Kabupaten Merauke. Sebab selain warga Pasundan masih banyak paguyuban yang dibentuk oleh etnis-etnis lainnya,”terang Asep kepada ARAFURA News di ruang kerjanya Senin lalu. Ia menjelaskan, para sesepuh Pasundan telah mengingatkan dan menghimbau agar warga Pasundan memiliki paguyuban yang independen, solid serta tetap menjalin kerja sama dengan paguyuban etnis lainnya.

Oleh sebab itu dirinya selaku ketua tetap berupaya untuk menjalin hubungan yang baik dengan HKJM meskipun sekarang Pasundan tidak tergabung lagi dalam wadah HKJM. Sebab menurutnya, terlepas dari HKJM bukan berarti putus tali silaturahmi namun justru sebaliknya, IKPM senantiasa menjaga tali silaturahmi dan semangat kekeluargaan di dalamnya terutama dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Merauke. “Hanya saja nuansa yang ditunjukkan oleh masing-masing etnis berbeda-beda sesuai dengan asal daerah namun tetap memiliki tujuan yang sama yakni mensukseskan roda pembangunan di tanah Anim Ha,”pungkas Asep.

Artikel Terkait

Martinus Makime, Pemuda Papua Yang Merasakan Manfaat Sekolah Restorasi

Arafura News

Tingkatkan Minat, Peserta Sekolah Restorasi Bakal Dapat Materi Jurnalistik

Arafura News

Meski Masih Pandemi, Sekolah Restorasi Akan Berkelanjutan

Arafura News

Semarak BAF 23 Tahun, Bantu Pendidikan Anak Indonesia

Arafura News

Agus Susanto : Sebagai Insan Intelektual Diharap Mampu Beri Solusi

Arafura News

Ketua BKPRMI Merauke Minta Pemuda Dan Remaja Muslim Terus Makmurkan Masjid

Arafura News

PPS Distrik Merauke Dinilai Sudah Laksanakan Tugas Dengan Baik

Arafura News

Lestarikan Budaya Sunda, Pembinaan Gencar Dilakukan

Arafura News

Pengurus Dikukuhkan, Paguyuban Pasundan Akan Menjadi Corong Pemda

Arafura News