Pasific Pos.com
Headline

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Pencanangan 10 juta bendera merah putih oleh Mendagri Tito Karnavian bersama Sekda Papua, Ridwan Rumasukun dan Forkompinda Kabupaten Merauke, Jumar, 12 Agustus 2022.

Jayapura – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, M. Tito Karnavian melakukan pencanangan Pembangian 10 Juta Bendera Merah Putih dari wilayah Timur Indonesia, di Kota Merauke, Jumat, 12 Agustus 2022.

Pencanangan tersebut dilakukan Tito Karnavian di Depan Halaman Kantor Bupati Merauke, yang ditandai dengan penancapan dan penyerahan bendera merah putih kepada tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perwakilan etnis (suku) Nusantara yang mendiami tanah Anim Ha.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, M. Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan, gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke ini tujuannya untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air.

Adapun daerah gerakan pembagian simbol negara ini di wilayah Indonesia Timur, Provinsi Papua (Merauke), Indonesia Tengah, Jawa Timur (Surabaya dan Indonesia Barat (Kota Banda Aceh).

“Saya bangga dengan kegiatan ini karena mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat Papua di wilayah Papua Selatan. Saya merasa bangga  karena acara ini dilaksanakan di depan gedung kantor bupati Merauke,  saya juga sudah melihat video bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Bapak Bupati Merauke dalam rangka untuk menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia  ke-77 tahun, sebagaimana biasanya kita akan melaksanakan upacara sebagai bentuk rasa nasionalisme, patriotisme sebagai anak Indonesia.

Oleh karena itu, kita harus bangga, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik. “Saya sudah jalan lebih hampir 100 negara dan bangsa kita ini adalah bangsa yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain, sebab kita satu  satu negara kepulauan terbesar di seluruh dunia.

“Saya merasa bangga, karena kembali ke Papua seperti pulang ke kampung sendiri, karena saya adalah mantan Kapolda disini. Saya bangga dengan Papua, sebab matahari selalu bersinar dari timur ke barat enggak pernah dari Barat ke Timur, sehingga kita mengikat Indonesia kedalam Bhinneka Tunggal Ika,  artinya berbeda-beda tetap satu jua. Ini menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi lambang negara Garuda Pancasila,” ucapnnya.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, mengatakan kegiatan ini sangat menggugah rasa cinta Tanah Air yang unik, semarak dan menyenangkan. “Karena meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dengan cara yang tidak biasa,” katanya.

Dia menjelaskan pembagian bendera tersebut tidak hanya berlangsung secara seremonial saja namun sebagai momentum memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.  “Nantinya bendera merah putih akan di pasang di seluruh intansi pemerintah kantor-kantor,sekolah, tempat umum,rumah dan tempat strategis lainnya selama bulan kemerdekaan,” katanya lagi.

Dia menambahkan dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI telah mendorong pemerintah untuk mengusung tema, “Pulih Lebih, Bangkit Lebih Kuat” ternyata juga memberikan kekuatan dan semangat bagi pemerintah provinsi Papua guna mewujudkan visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang berkeadilan.

“Kami berharap dengan semangat persatuan Indonesia, yakin akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri,berdaulat dan berkepribadian,” tutupnya.

Artikel Terkait

Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB untuk Kembangkan Bisnis Menjadi #YangLokalYangJuara

Bams

Sekda: GMKI Harapan Besar Pemerintah dan Masyarakat Papua

Bams

Ekonomi Biru Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Papua

Bams

Lemhanas RI Buat Kajian Srategis Soal Papua

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Pemberian Beasiswa Selandia Baru

Bams

Pimpin Upacara HUT RI, Lukas Enembe: Papua Harus Lebih Maju

Bams

Pemprov Papua programkan donor untuk pastikan ketersediaan Stok Darah

Bams

2.950 Tenaga Honorer Papua lolos Verifikasi dan Validasi

Bams

Sentil Bupati Merauke, Yunus Wonda Sebut : Merubah UU Otsus, Kejahatan Negara Yang Dilakukan Seorang Bupati

Bams