Pasific Pos.com
Papua Selatan

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

0506212
Personil saat membersihkan area Masjid Jami (foto:iis)

“Bidik Sejumlah Tempat Ibadah’’

MERAUKE,ARAFURA,-Program ‘Jumat Bersih’ yang saat ini tengah digencarkan oleh Dandim 1707/Merauke, Letkol Czi Muh Rois Edy Susilo, ST terus berjalan dan membidik sejumlah titik penting yang ada di Kota Merauke. Komitmen Dandim yang baru beberapa bulan memimpin jajaran Kodim Merauke itu mendapat respon positif dari masyarakat dan didukung penuh oleh seluruh anggotanya.

Terkait dengan gagasan komandannya itu, Pasi Ops Kodim 1707/Merauke, Kapten Inf Arman Tanjung mengemukakan bahwa program ‘Jumat Bersih’ yang digalakkan jajaran Kodim berjalan dengan baik selama kurang lebih sebulan ini.

Khusus pada tanggal 4 Juni 2021 lalu yang mendapat giliran adalah Masjid Jami dan Gereja Katedral. “Dandim telah memerintahkan kami menyusun jadwal untuk satu hingga dua bulan ke depan sehingga lokasi yang menjadi sasaran dapat dipersiapkan dengan maksimal. Nah, peran Babinsa sangat menonjol di sini karena harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang berkepentingan di lokasi kegiatan. Dalam hal ini kita masih fokus di sarana ibadah,”jelas Kapten Arman kepada ARAFURA News di ruang kerjanya Jumat lalu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, program Jumat Bersih tidak semata-mata fokus untuk membersihkan lingkungan tetapi yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana untuk menunjukkan kepada masyarakat peran dan fungsi dari Babinsa itu sendiri. Jadi masyarakat dapat mengetahui bahwa Babinsa memang benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat. Babinsa juga dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat binaan dan menjalin tali silaturahmi.

Ia menjelaskan, Babinsa merupakan perpanjangan tangan dari Danramil dan Dandim dalam kaitannya dengan hubungan baik dan sinergitas dengan masyarakat. Sebagai tahap awal memang masih fokus pada sarana ibadah namun tidak menutup kemungkinan, jika dalam pengamatan para Babinsa terdapat fasilitas umum lain yang perlu dibersihkan maka dapat dimasukkan dalam jadwal. Misalnya lingkungan pasar, pemukiman kumuh dan lain sebagainya. “Memang semua sudah dijadwalkan namun jika sewaktu-waktu ada Babinsa yang melaporkan tentang lokasi lain yang lebih urgen maka bisa dialihkan ke kawasan tersebut, “pungkasnya.**

Artikel Terkait

TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Maritim Di Perbatasan Timur Indonesia

Arafura News

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News

Efraim: Misa Masih Berjalan Normal

Arafura News

Tangkap Sepuluh Terduga Teroris, Untung Sangaji: Polisi Masih Bekerja, Kita Tidak Ingin Kecolongan

Arafura News