Pasific Pos.com
HeadlineSosial & Politik

IKAL Jatim Bergerak Ribuan Relawan Dukung PW Maju Gubernur Papua

Paulus Waterpauw mengenakan blangkon dan peci. (Foto : Istimewa)

Jayapura —IKAL Jatim siap memenangkan Paulus Waterpauw, jika mengikuti kontestasi Pilkada Papua November 2024 mendatang dengan membentuk Ikatan Relawan Sahabat KK Besar PW beranggotakan 5000 orang tersebar di seluruh Tanah Papua.

Pdt Drs Robert Nerotumilena, MA Wakil Ketua I Ikal Jatim Se Tanah Papua mengatakan terbentuknya Ikatan Relawan Sahabat KK Besar PW untuk bekerja memenangkan Paulus Waterpauw yang merupakan Ketua Dewan Pembina dan penggagas berdirinya IKAL Jatim.

Paulus Waterpauw adalah jenderal orang Asli Papua yang lahir di Kota Pala Fakfak. Sejak kelas IV SD sampai tamat di Akademi Kepolisian dan mendapat penugasan awal sebagai anggota Polri berdomisili di Surabaya sehingga memiliki kedekatan emosional dengan seluruh orang Papua yang ada di Jawa Timur.

‘’Alumni Jatim ini tersebar di seluruh Tanah Papua, dan sangat akrab karena memiliki hubungan emosional yang baik dengan Kaka Besar Jenderal Paulus Waterpauw,’’ terang Pdt Robert, Rabu malam (1/5/2024).

Bagi IKAL Jatim dimanapun berada, Kakak Besar Paulus Waterpauw adalah simbol pemersatu karena kedekatannya dengan semua kalangan. ‘’Jenderal adalah simbol pemersatu di alumni. Kami tidak mengenal beliau saat sekarang saja, tetapi mulai dari masih bersekolah, sampai menjadi mahasiswa di Surabaya, kami semua sudah saling kenal, sehingga sudah terbentuk kedekatan emosional sejak dari dulu,’’ kenang Pdt Robert.

Paulus Waterpauw juga adalah almumni terbaik IKAL Jatim. Dia mencapai karier tertinggi di Kepolisian, pensiun dengan pangkat Komjen dan jabatan Kabaintelkam Polri.

Dari Kepolisian, Paulus Waterpauw dipercaya negara menjadi Penjabat Gubernur Papua Barat selama satu tahun lebih. ‘’Kinerjanya saat menjadi penjabat gubernur Papua Barat meskipun hanya 1,5 tahun sangat bagus dan mendapat pujian di level nasional. Kami sangat mendukung beliau untuk maju di Papua. Paulus Waterpauw yang terbaik saat ini,’’ tandasnya.

Hal senada disampaikan Pdt Ronaldy Waromi STh Ketua Daerah Majelis Pekerja Daerah Sinode Gereja Bethany Indonesia Provinsi Papua. Sosok Waterpauw adalah pemersatu, memiliki hubungan yang baik dengan seluruh pimpinan umat beragama di Tanah Papua.

Papua saat ini dan masa mendatang kata Pdt Waromi membutuhkan pemimpin seperti Jenderal Paulus Waterpauw.

Waromi menjelaskan, saat menjadi Kapolda Papua dua kali Paulus Waterpauw terus membina hubungan baik dengan semua pimpinan agama dan rutin melakukan pertemuan-pertemuan untuk mendapatkan masukan demi menjaga situasi tetap aman.

Tanah Injil

Dikatakan, Papua adalah Tanah Injil yang membutuhkan pemimpin yang bisa tetap menjaga situasi aman dan nyaman bagi semua kalangan dan golongan. ‘’Kerja beliau sudah nyata saat menjadi Kapolda Papua. Oleh sebab itu beliau harus kembali dan memimpin di Papua,’’ tegasnya.

Waromi mengajak 58 pimpinan dedominasi gereja di Papua dan forum lintas agama untuk memilih pemimpin tepat yang menjawab permasalahan Papua saat ini dan masa mendatang dan Jenderal Paulus Waterpauw adalah jawabannya