Pasific Pos.com
Papua Selatan

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

0806211
Danlantamal saat memberikan sambutan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han mengemukakan bahwa operasi bibir sumbing gratis dalam rangka pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) kerja sama antara Lantamal XI, Smile Train dan PT.Bio Inti Agrindo (BIA) diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan. Ia menjelaskan, KBN merupakan salah satu program unggulan dari TNI AL yang harus direalisasikan di setiap Lantamal termasuk Lantamal XI Merauke.

Adapun yang menjadi fokus dari KBN ada lima sektor atau cluster, yakni sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata dan pertahanan. Operasi bibir sumbing merupakan bagian dari bidang kesehatan yang dikemas dalam kegiatan bakti sosial dengan sasaran masyarakat Merauke dan sekitarnya. Diakui bahwa warga penderita bibir sumbing masih ada meskipun jumlahnya mulai berkurang.

Pasien penderita bibir sumbing membutuhkan penanganan khusus. Hal ini dilakukan di hampir setiap daerah dan untuk di Kabupaten Merauke berhasil diperoleh beberapa pasien yang selanjutnya akan dioperasi tanpa dipungut biaya. “Dalam mensukseskan kegiatan sosial ini kita turut menggandeng Smile Train dan PT.BIA. Namun untuk cluster-cluster lainnya kita juga menggandeng Pemda dan pihak-pihak terkait lainnya,”jelasnya saat membuka kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini setidaknya dapat membantu saudara-saudara kita agar dapat tersenyum kembali setelah cukup lama hidup dalam kondisi yang mengalami kekurangan. Tentunya diharapkan pasca operasi, kondisi mereka bisa lebih baik, terutama dalam hal mental dan penampilan sehingga lebih percaya diri. Sang Jenderal tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung kegiatan ini karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat yang membutuhkan.**

Artikel Terkait

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News

Efraim: Misa Masih Berjalan Normal

Arafura News

Tangkap Sepuluh Terduga Teroris, Untung Sangaji: Polisi Masih Bekerja, Kita Tidak Ingin Kecolongan

Arafura News

Sinergitas Kodim Dan Polres, Bersihkan Arena Sirkuit

Arafura News