Pasific Pos.com
Sosial & Politik

PPP Kabupaten Jayapura Umumkan Hari ini Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wabup Jayapura

Ketua DPC PPP Kabupaten Jayapura, Muhammad Akbar didampingi Ketua Tim Pendaftaran Penjaringan Bacabup dan Bacawabup DPC PPP Kabupaten Jayapura Abdul Syukur, ketika memberikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat DPC PPP Kabupaten Jayapura, Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/5/2024) malam.

 

Sentani – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Jayapura mengumumkan pembukaan Pendaftaran penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Balon Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Jayapura periode 2024-2029.

Pendaftaran dan penjaringan akan dibuka pada hari ini, Kamis 2 Mei hingga 14 Mei 2024 mendatang, mulai pukul 10.00 WIT sampai pukul 16.00 WIT.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PPP Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar saat memberikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat DPC PPP Kabupaten Jayapura yang berada di Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (1/5/2024) malam.

Menurutnya, pembukaan pendaftaran penjaringan dilakukan berdasarkan adanya petunjuk teknis (Juknis) dan juga perintah dari DPP PPP usai melakukan pertemuan atau rapat lewat video zoom.

“Dalam Juknis tersebut, seluruh DPW dan DPC diperintahkan untuk membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (Balon) gubernur – wakil gubernur, bupati – wakil bupati dan walikota – wakil walikota pada Pilkada Serentak 2024 di sekretariat DPW/DPC masing-masing,” ujarnya.

Untuk itu, Akbar mengajak kepada para bakal calon yang berminat mendaftar di PPP untuk segera melakukan pengambilan formulir.

“Jika ada bakal calon yang berminat di partai kami, silahkan mengambil formulir pendaftaran di Kantor Sekretariat DPC PPP Kabupaten Jayapura yang beralamat di Jalan Pasar Lama Sentani (Samping PDAM Cabang Sentani), Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Ini kita buka setiap hari kerja dan terbuka untuk umum,” imbaunya.

Lebih lanjut kata Akbar, DPC PPP Kabupaten Jayapura telah menetapkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para bakal calon, termasuk kriteria keberpihakan terhadap aspirasi rakyat, serta komitmen untuk mewujudkan pembangunan.

“Jadi, kami membuka pendaftaran secara umum siapapun bisa mendaftar dan kita menunggu konfirmasi bakal calon yang akan datang. Kita juga mengharapkan kandidat yang punya niat untuk membangun daerah, baik sebagai (calon) bupati dan wakil bupati silahkan datang, kami dari PPP sangat terbuka dan pendaftaran ini gratis,” jelasnya.

Akbar yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ini menjelaskan, proses seleksi calon bupati dan wakil bupati dari DPC PPP Kabupaten Jayapura akan melalui tahapan-tahapan yang ketat dan transparan, mulai dari pendaftaran hingga penetapan calon yang akan diusung dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Jayapura.

Pihaknya juga berkomitmen, untuk memastikan bahwa semua proses seleksi dilakukan secara adil dan bersih, serta sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan good governance.

Selain itu, dalam penentuan rekomendasi dukungan PPP, semua calon kandidat memiliki kesempatan yang sama, baik itu calon dari kader PPP maupun calon eksternal partai.

“Karena yang kita lihat adalah elektabilitas bakal calon sehingga semua punya peluang baik kader maupun non kader partai. Dan ini memang sudah menjadi komitmen kami pada Pilkada kali ini, untuk membesarkan partai kami kedepan,” jelas Akbar.

Ditanya terkait tahapan yang nanti dilakukan PPP usai pendaftaran, Akbar mengungkapkan, setelah pendaftaran pihaknya akan melakukan proses verifikasi dan penilaian oleh tim penerima atau panitia penjaringan di internal PPP. Baik di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga pengurus DPP PPP yang ada di Jakarta.

“Jadi nanti setelah pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran, kami melakukan verifikasi penjaringan dan melanjutkan hasilnya ke DPW hingga ke DPP PPP, ” katanya.

“Kami berharap, para pelamar saat datang mendaftar baiknya langsung dengan pasangan (bakal) calon bupati dan wakil bupati. Sehingga saat kami meneruskan ke DPW itu tidak terlalu sulit dalam melakukan rekomendasi untuk menentukan nama calon bupati dan wakil bupati. Akan tetapi jika ada bakal calon yang mau mendaftar secara terpisah, kami juga persilahkan” sambung Akbar.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura ini menambahkan bahwa saat ini, sudah ada beberapa nama yang mulai melakukan konfirmasi ke DPC PPP Kabupaten Jayapura untuk mengikuti pendaftaran penjaringan (bakal) Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Jayapura tahun 2024, diantaranya Hermes Felle, kemudian ada juga Giri Wijayantoro.

“Jadi yang sudah terkonfirmasi awal ada dua nama yaitu pak Hermes Felle dan pak Giri Wijayantoro. Kalau pak Giri Wijayantoro akan mengambil formulir sekitar pukul 10. 00 WIT dan untuk pak Hermes kita masih menunggu confirmasi selanjutnya,” sebut Akbar.

 

Artikel Terkait

Hadir Bersama di Sekretariat DPD PDIP Papua, Alpius Toam: Kami Sepakat Maju Bersama

Jems

Ikuti Tahapan di DPD PDIP Papua, Giri Wijayantoro Optimis Dapat Rekomendasi

Jems

Sosok Benyamin Arisoy di Mata Irjen Fakhiri: Beliau Sederhana dan Bertanggungjawab Dengan Tugas yang Diberikan Pimpinan

Jems

NasDem Papua Tutup Pendaftaran, Herlin Monim: Setelah ini Kita Lakukan Pleno dan Meneruskan Ke DPP

Jems

Mathius Awoitauw Resmi Mendaftar Bakal Calon Gubernur Papua di DPW Nasdem

Jems

Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Gubernur, Paulus Waterpauw: Saya Ingin ada Perubahan Kesejahteraan di Papua

Jems

Datangi DPW Nasdem, BMD Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wakil Gubernur Papua

Jems

Ambil Formulir Pendaftaran di 7 Partai, Bacawabup Supardi: 5 Diantaranya Sudah dikembalikan

Jems

Pinang Yan Wally Secara Adat, Piter Kwano Maju Pilkada Jayapura Jalur Independen

Jems