Pasific Pos.com
HeadlineKota Jayapura

Pemkot Jayapura Bentangkan Merah Putih Sepanjang 11 KM

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 11 Kilometer.

Jayapura – Pemerintah Kota Jayapura membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 11 KM pada peringatan kembalinya Papua (Irianjaya) ke pangkuan NKRI (01/05/2024)

Pj Walikota Jayapura, Frans Pekeiy mengatakan pembentangan bendera ini melibatkan 20 ribu massa, baik dari TNI, Polri, ASN, BUMN, BUMD, hingga anak sekolah, peguyuban, pedagang, dan komunitas di Kota Jayapura.

Kegiatan pembentangan merah putih sepanjang 11 Km berhasil mencatat nama Kota Jayapura dalam rekor MURI Indonesia. Menariknya merah putih ini mendapat predikat terpanjang di dunia.

Dari catatan inilah MURI pada Rabu (1/5) memberikan penghargaan tersebut kepada Pj Walikota Jayapura, Frans Pekei. “Ini yang terpanjang selama ini. Sebelumnya dipegang Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara sepanjang 7,8 Km yang dibentangkan di Pantai Tiapa, Laloso,” kata Awan Rahargo, Direktur Marketing MURI di Holtekamp.

“Ini menunjukkan bahwa Papua memiliki komitmen dan menyatakan semangat yang luar biasa. Kami bangga karena pemecahan rekor ini justru dari daerah terujung,” ujarnyanya.

Sementara itu Frans Pekei mengakui bila keberhasilan ini merupakan kerjasama seluruh komponen masyarakat. Forkopimda, para OPD, Komunitas, Paguyuban dan pihak sekolah hingga perbankan dan tenaga pendidik.