Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Maju Pilkada, ASN Pemprov Papua Belum Ajukan Mundur

ASN Pemprov Papua
Nicolaus Wenda

Jayapura – Sampai dengan penetapan calon dan pengambilan nomor urut pilkada 2020 pada 11 kabupaten di Provinsi Papua, belum ada calon yang mengajukan mengundurkan diri Aparatur Sipil Negara (ASN).

Padahal undang undang sudah mengatur bahwa bagi ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri, anggota DPRD yang maju lagi harus memenuhi ketentuan itu. Kalau tidak maka kesertaanya bisa dinyatakan tidak sah.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinsi Papua Nicolaus Wenda, menyatakan bahwa ASN Provinsi Papua yang ikut dalam Pilkada 2020 sebanyak dua orang.

Dikatakan, ada dua kandidat bakal calon kepala daerah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) diketahui FX Motte yang akan mengikuti kontestasi Pemilihan Bupati Nabire dan Elysa Auri calon Bupati Wondama belum mengajukan pengunduran diri.

Jadi, kalau Pak Motte sudah menyampaikan surat pengunduran diri jabatan sebagai kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, tapi kalau pengunduran diri dari ASN, nanti saya cek kembali,” jelasnya.

Wenda menambahkan, pemerintah provinsi Papua tentu akan meyiapkan Pejabat Sementara (Pjs) untuk mengisi kosongan jabatan di OPD maupun Pjs kepala daerah di Kabupaten.

“Penunjukan Pjs bupati ini keputusan Gubernur, maupun jabatan kepada dinas, jadi kita menunggu saja,” ujarnya.

Sementara itu, dari informasi yang diterima media ini, Besok (Jumat-red) Gubernur Provinsi Papua akan melantik Pj Bupati, Pj Sekda Papua dan pejabat fungsional serta pengukuhan kepada BPKP Provinsi Papua.

Artikel Terkait

25 Persen ASN Papua Terpapar Corona

Bams

Debat Kandidat Pilkada Yalimo, Polresta Turunkan Ratusan Personil

Ridwan

Pilkada Papua, Pj Sekda Beharap jangan sampai ada PSU

Bams

APBD Papua 2021 Masih fokus Pada Covid-19

Bams

Pandemi Covid-19 Pengaruhi PAD Papua

Bams

Pusat Pemerintahan Papua Bakal Pindah ke Muara Tami

Bams

Pesan Wagub Papua kepada Tujuh Pj Bupati

Bams

SK Sekda Papua Belum Turun

Bams

Doren Wakerkwa Jabat Pj Sekda Papua

Bams