Pasific Pos.com
Headline

Sekda: GMKI Harapan Besar Pemerintah dan Masyarakat Papua

Sekda Papua, Ridwan Rumasukun saat memberikan sambutan pada pembukaan Konas GMKI di Auditorium Uncen, Selasa (23/8/22) malam.

Jayapura – Sekretaris Daerah Papua, Ridwan Rumasukun membuka kegiatan Konsultasi Nasional Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (Konas GMKI) 2022 di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Selasa, 23 Agustus 2022 malam.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berharap dengan adanya Konas GMKI 2022 dapat memberikan kontribus serta pemikiran strategis yang dapat disumbangkan guna mewujudkan pelaksanaan regulasi di tanah Papua.

Ridwan Rumasukun mengatakan, pemerintah dan masyarakat menyambut baik pelaksanaan konsultasi nasional GMKI di Kota Jayapura yang merupakan ibu kota Provinsi Papua.

“Pelaksaan di Kota Jayapura sangatlah tepat dan strategis dimana kini kami berada dalam titik sentral pusaran politik,” katanya.

Dikatakan, pemerintah pusat kini sedang mendorong percepatan pembangunan daerah dalam rangka mengeleminir berbagai isu politik, pemerintah, pembangunan keamanan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan di Papua.

Oleh karena itu, penetapan regulasi-regulasi baru tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) membutuhkan penanganan yang sistematis, strategis dan tepat. Dengan demikian, tidak melahirkan permasalahan baru bagi proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tanah Papua. Untuk itu, penting GMKI berkontribusi guna pengendalian dinamika sosial politik di Papua.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat atas Konas GMKI. Dari tanah Papua, Kota Jayapura. Mari kita hasilkan pemikiran-pemikiran yang nyata kepada masyarakat,”Pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Jayapura Frans Pekey dalam sambutannya menyambut dengan suka cita atas kehadiran seluruh peserta Konas GMKI Tahun 2022.

Menurutnya, kota Jayapura terbuka untuk siapa saja dan kami siap menjadi tuan rumah yang baik. “Semua suku bangsa ada di Kota Jayapura, Semua agama ada di Kota Jayapura, semua kalangan ada Kota Jayapura. Oleh sebab itu menurutnya Kota Jayapura adalah kota yang aman dan beriman. “Terima kasih kepada GMKI Pusat yang telah memilih Kota Jayapura, selamat melaksanakan Konas GMKI,”Pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Konsultasi GMKI Tahun 2022, Benyamin Arisoy mengatakan selaku panitia pelaksana menyampaikan rasa syukur dan rasa terima kasih atas kehadiran semua pihak untuk menyukseskan Konas GMKI Tahun 2022.

“Kegiatan tersebut dihadiri 326 peserta dari seluruh Indonesia dengan membahas study meeting dan juga bisnis meeting serta segala persoalan kekinian secara nasional dan Papua dengan menghadirkan narasumber Nasional,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, dalam keteranganya mengatakan acara yang dihadiri kader GMKI se Indonesia ini bertujuan untuk melakukan studi mendapatkan analisa dan solusi akan fenomena lokal, nasional, maupun internasional dan posisi bersaing organisasi secara nasional serta untuk merumuskan rencana aksi di masa mendatang.

Menurutnya, tujuan Konsultasi Nasional yang pertama melakukan studi isu-isu strategis yang terjadi disekitar medan layan GMKI serta menganalisa dampaknya bagi penyelenggaraan kehidupan masyarakat.
Yang kedua mencari solusi dan men-design langkah preventif, antisipatif dan kreatif dalam menyiasati isu-isu tersebut dari sudut pandang mahasiswa Kristen. Yang ketiga melakukan studi seputar dinamika dan perkembangan organisasi secara internal serta menemukan strategi baru dalam membangun dinamika keanggotaan dan dinamika program,” kata Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, Senin (22/8) dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui konsultasi umum dengan pemaparan materi dengan tujuan mengeksplorasi persoalan, membahas dan memberikan tawaran-tawaran solutif dalam menjawab berbagi problematika kebangsaan baik pada aras lokal dan nasional maupun isu internasional maka isu-isu strategis yang akan dibicarakan dalam studi meeting.

“Yang akan kita bahas nanti, yang pertama Isu Nasional hingga daerah seperti BBM, Hukum dan HAM, yang kedua Peran Gereja dan Pemerintah Dalam Merespon Isu Kesenjagan Sosial (Korupsi, Narkoba, Kekerasan Terhadap Perempuan, dan Kemiskinan) yang ketiga Radikalisme, Terorisme, dan Intoleran, Yang ke empat Demokrasi Dan Kepemiluan, yang kelima Menakar Ekonomi Indonesia Sebagai Kekuatan Ekonomi Dunia, yang enam Dampak Sosial, Politik, dan Lingkungan Terhadap Pembangunan IKN, yang ke tujuh Indonesia Sebagai Poros Kemaritiman Dunia,” tutur Jefri Gultom pemuda kelahiran merauke itu.

Selain studi meeting, akan ada juga business meeting, yang berfokus pada kondisi internal organisasi GMKI. “Business meeting ini akan lebih membahas kepada internal organisasi GMKI, bagaimana GMKI menjawab tantangan jaman kedepan secara organisasi, baik sistem kaderisasinya, maupun pada lembaga-lembaga bentukan GMKI,” terang Jefri Gultom mahasiswa Pascasarja Universitas Indonesia.

Diketahui,  pelaksanakan Konsultasi Nasional (Konas) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) akan berlangsung tanggal 23-27 Agustus 2022 di Jayapura, Provinsi Papua.

 

Artikel Terkait

Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB untuk Kembangkan Bisnis Menjadi #YangLokalYangJuara

Bams

Ekonomi Biru Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Papua

Bams

Lemhanas RI Buat Kajian Srategis Soal Papua

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Pemberian Beasiswa Selandia Baru

Bams

Pimpin Upacara HUT RI, Lukas Enembe: Papua Harus Lebih Maju

Bams

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Bams

Pemprov Papua programkan donor untuk pastikan ketersediaan Stok Darah

Bams

2.950 Tenaga Honorer Papua lolos Verifikasi dan Validasi

Bams

PAD Papua 2022 Sudah Lebih dari Target

Bams