Pasific Pos.com
HeadlineSosial & Politik

Pemprov Papua Berikan Bantuan Kepada 8 Kelompok Usaha OAP

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Orang Asli Papua (OAP) Provinsi Papua, Max. M. E Olua, S. Sos, M.Si. saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan kelompok usaha.

 

 

Sentani – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Orang Asli Papua (OAP) memberikan bantuan kepada 8 kelompok usaha OAP.

Bantuan tersebut diserahkan PJ Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Orang Asli Papua (OAP) Provinsi Papua, Max. M. E Olua, S. Sos, M.Si.

Pemberian bantuan berlangsung di Pasar Tradisional Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/11/2023).

Sementara bantuan yang diberikan diantaranya berupa 20 ekor Sapi, ratusan bibit gaharu berupa Peralatan, Perlengkapan dan Persemaian Bibit dan perlengkapan Perkebunan Vanili.

Dengan diberikannya bantuan tersebut, Max M.E Olua berharap penerima bantuan dapat meningkatkan pendapatan asli kampung dan bisa terbantu dalam menunjang ekonomi keluarga.

“Jadi jangan hanya terima bantuan sesaat tapi kita berharap bantuan ini dapat berkesinambungan,” ujarnya.

Dijelaskan, bantuan 20 ekor sapi diberikan kepada 5 kelompok usaha ternak sapi yang berada di 4 distrik yakni Distrik Kemtuk, Distrik Gresi Selatan, dan Distrik Nimboran. Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan kepada kelompok usaha pengecer ikan di Distrik Nimboran.

“Tapi juga ratusan bibit gaharu berupa Peralatan, Perlengkapan dan Persemaian Bibit dan perlengkapan Perkebunan Vanili kepada kelompok usaha di Distrik Namblong. Jadi ada 8 kelompok usaha yang menerima bantuan ini,” sebut pria yang akrab disapa bung Max Olua.

Dikatakan bantuan tersebut diberikan atas permintaan masyarakat. “Untuk itu kami Pemerintah Provinsi Papua melalui DPMK dan OAP datang dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat untuk menjawab kerinduan mereka,” jelas Max.

Akan tetapi sebelum menunjuk masyarakat penerima bantuan, kata Max, pihaknya terlebih dahulu melakukan survei dengan berbagai aspek kelayakan supaya dapat tepat sasaran.

“Oleh karena itu, kepada masyarakat yang belum menerima bantuan serupa, saya mohon maaf,” ucap Max.

Di tempat yang sama, Dorlince selaku penerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua yang telah memberikan bantuan.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur Papua atas bantuan yg diberikan hari ini. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk pengembangan usaha kedepan.” ucap Dorlince.

Diketahui selain memberikan bantuan kepada masyarakat, Pemprov Papua melalui DPMK dan OAP melakukan perbaikan kasawan pasar tradisional Doyo Baru seperti pembangunan los pasar, pembangunan atap pasar dan pengecoran lantai tempat jualan mama – mama Papua.

 

Artikel Terkait

Tutup FDS Ke- XIV, Walilo Sebut Dukungan Semua Pihak Hingga Apresiasi Pemkab Jayapura

Jems

Jenasah Alm. Lukas Enembe Diarak, Penjabat Gubernur Papua Terkena Lemparan Batu

Jems

KPK Gelar Hakordia, Masyarakat Papua Sambut Antusias

Jems

Kunker di Kabupten Jayapura, ini Yang Dilakukan Pj Gubernur Papua

Jems

Resmi Dibuka, Wamendagri: Konferensi Nasional ke VIII FKUB Sangat Strategis

Jems

DPRP Minta Pj Gubernur Evaluasi Kinerja Kepala OPD

Bams

DPR Papua Minta KONI Optimalisasi Dana Hibah

Bams

Ini Harapan Ridwan Rumasukun ketika Menghadiri Pelantikan Pengurus PWI Papua

Jems

DKP Papua Serahkan Paket Bantuan Sarana Prasarana Perikanan

Bams

Leave a Comment