Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja Jamin Korban Laka Lantas

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja
Pertemuan pimpinan Jasa Raharja Cabang Papua dan pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura terkait penjaminan bagi korban laka lantas.(Foto : Istimewa)

Jayapura – BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja memastikan penyelenggaraan koordinasi manfaat untuk kasus kecelakaan lalu lintas lebih optimal di tahun 2020.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Faizal Busran, menyampaikan terkait dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang masih belum dapat dilakukan verifikasi klaim, pihak BPJS Kesehatan Cabang Jayapura sudah pernah bersurat sebanyak dua kali kepada PT. Jasa Raharja (Persero) dengan melampirkan nama-nama pasien. Setelah surat pertama diproses, beberapa klaim sudah berhasil dilakukan verifikasi.

“Untuk selanjutnya BPJS Kesehatan Cabang Jayapura akan melakukan rekap data klaim kasus kecelakaan lalu lintas yang belum dapat diverifikasi kemudian akan bersurat kepada PT. Jasa Raharja (Persero) agar klaim tersebut dapat segera ditindak lanjuti dan dilakukan verifikasi klaim oleh pihak BPJS Kesehatan Cabang Jayapura,” kata Faizal, Rabu (29/7/2020).

Optimalisasi koordinasi manfaat ini juga merupakan salah satu strategi dari bauran kebijakan untuk mengatasi tantangan sustainibilitas Program JKN-KIS.

“Diharapkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akan semakin tepat sasaran tidak tumpang tindih antar lembaga penjamin satu dengan yang lain,” ucap Faizal.

Faizal menambahkan bahwa Jasa Raharja adalah penjamin pertama sampai dengan batas plafon sesuai ketentuan untuk kasus-kasus kecelakaan lalu lintas serta kecelakaan penumpang alat angkutan umum, setelah melewati plafon tersebut, maka korban akan dialihkan penjaminannya pada BPJS Kesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kami menghimbau masyarakat, apabila mengalami kasus kecelakaan lalu lintas untuk segera mengurus surat LP, karena surat tersebut sebagai syarat penjaminan oleh Jasa Raharja. Untuk itu masyarakat juga diharapkan proaktif melaporkan kejadian tersebut ke Jasa Raharja karena sebagai penjamin pertama,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Pelayanan Santunan PT. Jasa Raharja Cabang Papua, Riswan, mengungkapkan, terkait dengan kecelakaan tunggal yang dijamin oleh pihak Jasa Raharja, hal ini sudah dilakukan sosialisasi kepada Rumah Sakit, namun sampai dengan sekarang yang selalu dipahami oleh pihak Rumah Sakit adalah kecelakaan ganda saja yang dijamin oleh pihak Jasa Raharja.

“Kecelakaan tunggal yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah Kecelakaan Angkutan Umum, baik kendaraan bermotor umum, angkutan umum dalam kota, angkutan umum antar kabupaten-kota, maupun angkutan umum pedesaan,” terang Riswan.

“Kecelakan tunggal pada kereta api, kapal laut yang mempunyai ijin, serta pesawat udara juga dijamin oleh Jasa Raharja”kata Riswan,” sambungnya.

Kendala yang terjadi saat ini, kata Riswan, adalah pelaporan tidak real time karena masalah Laporan Polisi (LP) dimana seharusnya ketika pasien mengalami kecelakaan lalu lintas harus segera diinput pada aplikasi vclaim, namun kenyataan sekarang adalah penginputan tidak sesuai dengan tanggal kejadian karena menunggu LP.

Artikel Terkait

Gelar Meet And Greet, BPJS Kesehatan Beri Sejumlah Award

Arafura News

BPJS Kesehatan Tidak Punya Wewenang Membatalkan Kepesertaan PBI

Arafura News

dr Nevil : Peran Pemerintah Sebagai Regulator

Arafura News

BPJS Kesehatan Merauke Gelar Pertemuan TKMKB

Arafura News

Cakupan Kepesertaan JKN-KIS di Kota Jayapura Mencapai 433.135 Jiwa

Zulkifli

Ini Rincian Iuran JKN-KIS yang Disesuaikan

Zulkifli

Pastikan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Jayapura Lakukan Ini

Zulkifli

Jasa Raharja Bersinergi dengan Polda Papua Lakukan Rapid Test Massal

Zulkifli

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Soal Relaksasi Iuran

Arafura News