Pasific Pos.com
Papua Selatan

Terkait Kanal Alternatif, Inovasi Terus Dilakukan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Achmad Zainuddin saat memberi penjelasan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Achmad Zainuddin mengemukakan bahwa kanal alternatif merupakan tempat bagi masyarakat untuk mendaftar, mengubah, melapor, mendapat informasi dan lain sebagainya. Kanal yang pertama adalah Kantor BPJS Kesehatan dimana semua permasalahan yang ingin disampaikan terdapat di kantor tersebut dan tidak terbatas. Artinya orang mau datang, mau mengubah, mengecek keaktifan kartu dan lain sebagainya maka dapat datang ke kantor.

Namun di masa pandemi seperti sekarang, secara keseluruhan kantor pelayanan publik memang sudah membatasi interaksi. Salah satu cara adalah membuat inovasi-inovasi dengan sistem khusus sehingga masyarakat tidak perlu ke kantor. Berikutnya adalah BPJS Kesehatan Call Center 1500400 yang dapat diakses 1 X 24 jam. Sedangkan yang terkait dengan Mobile JKN maka segala proses menjadi lebih mudah tanpa harus membawa kartu lagi. “Sebenarnya di era digital seperti sekarang ini sudah tidak perlu lagi membawa kartu karena cukup menggunakan KIS Digital atau Mobile JKN. Jadi tidak perlu repot dan tidak perlu menambah ketebalan isi dompet namun cukup melalui HP,”jelasnya di hadapan wartawan pada acara media gathering di Rumah Kopi D’Waroeng kemarin.

Sama halnya dengan aplikasi Pandawa yang diluncurkan karena masih banyaknya wilayah di Indonesia yang memberlakukan PSBB sedangkan animo masyarakat untuk mendaftar masih tinggi. Adapun layanan yang bisa dilakukan di Kantor BPJS hanya untuk segmen PBI dan peserta mandiri atau PBPU Kelas 3. Artinya, untuk segmen pegawai, pekerja dan lain sebagainya dapat melakukan pendaftaran atau hal-hal penting lainnya lewat Mobile JKN atau Pandawa ini.

Artikel Terkait

Pandawa, Layanan Terbaru BPJS Kesehatan

Arafura News

Gelar Meet And Greet, BPJS Kesehatan Beri Sejumlah Award

Arafura News

BPJS Kesehatan Tidak Punya Wewenang Membatalkan Kepesertaan PBI

Arafura News

dr Nevil : Peran Pemerintah Sebagai Regulator

Arafura News

BPJS Kesehatan Merauke Gelar Pertemuan TKMKB

Arafura News

Cakupan Kepesertaan JKN-KIS di Kota Jayapura Mencapai 433.135 Jiwa

Zulkifli

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja Jamin Korban Laka Lantas

Zulkifli

Ini Rincian Iuran JKN-KIS yang Disesuaikan

Zulkifli

Pastikan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Jayapura Lakukan Ini

Zulkifli