Pasific Pos.com
Papua Selatan

Untung Sangaji:Jadi Polisi Itu Jangan Hanya Diam Di Rumah Dan Di Kantor

Kapolres saat memimpin upacara (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum mengemukakan bahwa beberapa faktor seperti masalah disiplin, tidak tanggap darurat, tidak memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lain sebagainya dapat menjadi penyebab seorang anggota Polri mengalami penundaan kenaikan pangkat. Namun bagi yang jelas-jelas berprestasi maka akan tetap diberikan haknya bahkan dipercepat untuk segera naik pangkat. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi sesama anggota dan keluarga bahwa menjadi polisi itu jangan selalu hanya diam di rumah atau stay di kantor. Namun terlepas dari penegakan hukum, pelindung dan pengayom, mereka juga harus tahu bahwa mereka itu milik masyarakat.

Apapun keahlian yang mereka miliki, semua itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Diakui masih ada anggota yang melakukan pelanggaran disiplin sehingga harus ditindak tegas. “Jadi tidak diberhentikan namun dimasukkan sel itu ada. Sebab menyangkut disiplin dan hal-hal lain sehingga kalau mereka kurang ajar tetap saya tindak. Kasihan nanti masyarakat yang jadi bingung siapa yang akan melindungi mereka kalau polisinya saja kurang ajar,”jelasnya saat ditemui wartawan usai memimpin langsung upacara corp raport kenaikan pangkat sebanyak 116 personil Polres Merauke dan Brimob Merauke, di lapangan apel Mapolres Merauke belum lama ini.

Memasuki tahun 2021, dirinya selaku Kapolres mengingatkan agar seluruh anggota tetap semangat dan ia selalu menganggap mereka sebagai sebuah keluarga. Khususnya dalam melakukan upaya-upaya menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dengan memberantas aksi kejahatan yang timbul. Hal senada juga ia tegaskan saat memimpin upacara corp raport kenaikan pangkat agar kenaikan pangkat dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan yang unggul, profesional, berbudaya dan bermoral guna mewujudkan pelayanan Polri yang prima kepada masyarakat. Tingkatkan kinerja yang lebih baik lagi karena pangkat adalah amanah yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada negara, institusi dan pimpinan tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Saya harapkan anggota yang naik pangkat berilah yang terbaik untuk keluarga juga, tingkatkan motivasi tekad, dedikasi, loyalitas dan kinerja terbaik,”ungkapnya.

Upacara kenaikan pangkat bagi personil Polri tersebut merupakan kenaikan pangkat per tanggal 1 Januari 2021 sebanyak 116 personil dengan rincian yaitu pangkat AKP ke Kompol sebanyak 1 personil, Iptu ke AKP sebanyak 5 personil, Ipda ke Iptu sebanyak 17 personil, Aiptu ke Ipda sebanyak 1 personil, Aipda ke Aiptu sebanyak 5 personil, Bripka ke Aipda sebanyak 20 personil, Brigadir ke Bripka sebanyak 38 personil, Briptu ke Brigadir sebanyak 2 personil, Bripda ke Briptu sebanyak 18 personil, Bharat ke Bharaka sebanyak 3 personil dan Bharada ke Bharatu sebanyak 6 Personil. 4 personil dari 116 yang naik pangkat tersebut mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan yaitu dari AKP ke Kompol atas nama AKP Isak Rumboy, Iptu ke AKP atas nama Iptu Soepaat, Ipda ke Iptu atas nama Ipda Yasid Silihin dan kenaikan pangkat dari Aiptu ke Ipda atas nama Aiptu Rubil Yusuf. Usai upacara dilanjutkan penyerahan penghargaan dan bingkisan kepada dua personil Polres Merauke yang memasuki purna bakti yaitu Iptu Alex Gura dan Ipda Hasyim.

Artikel Terkait

Ketua KNPI : Untung Sangaji Sosok Kapolres Yang Luar Biasa

Arafura News

Terinspirasi Dengan Kepedulian Kapolres Merauke

Arafura News

Giliran Remaja Putri Asmat Dilatih Buat Kancing Baju

Arafura News

Dukung Penghasilan Warga, ‘Mama-Mama Asmat Dibuatkan Rekening Tabungan’

Arafura News

Sosok Seorang Paulus Waterpauw Di Mata Kapolres Merauke

Arafura News

Kapolres : Kalau Mabuk Pasti Saya Tangkap

Arafura News

Meski Pandemi Home Visit Tetap Digiatkan

Arafura News

27 Polisi Ikut Tes Bela Diri

Arafura News

Polres Merauke Gencar Cegah Penyebaran Covid

Arafura News