Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ujian Sekolah Berstandar Sekolah Mulai Diterapkan

Ujian Sekolah Berstandar Sekolah merauke
Para peserta saat menyimak arahan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Sejumlah guru yang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah saat ini mengikuti kegiatan terkait dengan penyusunan soal ujian sekolah berstandar sekolah yang disusun oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) dan MGMP Kabupaten Merauke pada tahun pelajaran 2019/2020.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halogen Hotel sejak Selasa lalu dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Thiasoni Betaubun.

Kepada wartawan usai membuka kegiatan, Thiasoni mengemukakan bahwa dalam kegiatan tersebut para guru bekerja bersama-sama dengan pengawas dan panitia ujian untuk fokus menyusun soal, khususnya bagi wilayah-wilayah yang termasuk 3T dan dominan didiami oleh masyarakat lokal.

Ia menegaskan bahwa tahun depan hanya difokuskan pada pelaksanaan ujian sekolah saja dan sudah dikirim tim sebelumnya ke Makassar untuk melakukan penyusunan dan mereka sekarang menginap di Halogen Hotel kurang lebih 5 hari.

Adapun jumlah peserta kegiatan kali ini kurang lebih 38 orang dan benar-benar fokus untuk penyusunan soal yang dimaksud dengan harapan bisa selesai tepat waktu. Pelaksanaan ujian tingkat SMP direncanakan pada tanggal 20 hingga 23 Maret mendatang sedangkan untuk SD pada 30 Maret 2020 .

“Jadi sekaligus dilaksanakan dengan Paket B dimana pagi hari untuk ujian reguler dan siang hari khusus untuk yang paket,”jelasnya.

Lebih lanjut Thiasoni menambahkan, data yang dihimpun adalah data yang valid bukan rekayasa. Diharapkan pada tanggal 10 nanti semua soal sudah sampai di sekolah sasaran.

Ia menjelaskan, untuk ujian berstandar sekolah ini berarti para guru dan sekolah yang menyusun soal, jadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana master soal didapat dari Jayapura dan Jakarta.

Artikel Terkait

Pada Hari Kebangkitan Nasional Walikota Jayapura Berikan Bantuan Bagi 1.860 Guru Honor

Fani

574 Siswa di Papua Dinyatakan Tidak Lulus

Bams

Tak Setuju UN 2020 Ditiadakan, Ini Tanggapan Ketua Komisi V DPR Papua

Tiara

UN 2020 Ditiadakan, Papua Tunggu Mekanisme dan Aturannya

Bams

Naskah Soal UN di Papua Didistribusikan Pekan Depan

Bams

Oknum Guru Penghina Murid di Nonaktifkan Pihak Yayasan

Jems

Hina Murid, Oknum Guru Diproses Hukum

Bams

PLN Menjaga Keandalan Sistem Jelang UNBK

Zulkifli