Pasific Pos.com
Headline Info Papua

SK Sekda Papua Belum Turun

RSUD Jayapura Buka UGD Baru
Klemen Tinal

Jayapura – Keluarnya Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah yang diteken Presiden Joko Widodo berimbas terhadap SK Sekda Papua.

Wakil Papua Gubernur, Klemen Tinal mempertanyakan sikap pemerintah pusat yang terkesan menunda penerbitan SK penunjukan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

“Sebaiknya jakarta jangan putar-putar, tentukan saja pak Doren sebagai Sekda. Dia kan nomor 1 (dari segi penilaian), tidak ada alasan (lagi untuk menentukan yang nomor dua atau tiga sebagai Sekda). Apalagi yang bersangkutan dalam fit and proper tes yang dilakukan pemerintah pusat, berada di urutan teratas dari tiga orang kandidat,” ujarnya kepda pers, Jumat (25/9/2020), di Jayapura.

Ia berharap dalam penentuan Sekda definitif, pemerintah pusat bijak agar tak memberi kesan negatif bagi pemerintah dan warga di Papua.

Sebab bila SK penunjukan Doren Wakerkwa tak kunjung turun dari pusat, Wagub mengambil opsi untuk memperpanjang masa jabatannya yang kini sebagai Penjabat Sekda Papua, hingga masa jabatan Gubernur Lukas – Klemen berakhir.

“Saat ini Doren Wakerkwa sebagai Penjabat Sekda, kalau bisa segera dilantik sebagai pejabat definitif. Kalau tidak, perpanjang saja sampai (masa jabatan Lukas-Klemen) selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Doren Wakerkwa resmi diangkat sebagai Penjabat Sekda Papua menggantikan Ridwan Rumasukun yang ditunjuk menjadi salah satu Pejabat Sementara (Pjs) bupati pada salah satu dari 11 kabupaten, penyelenggara Pilkada serentak 2020.

Doren memastikan siap mendukung kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama enam bulan kedepan, sampai ditunjuknya Sekda definitif.

Pada kesempatan itu, turut dikukuhkan Kepala BPKP Papua yang baru saja dilantik di Jakarta.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Diminta Tinjau Kembali Penempatan Para Kepala OPD

Tiara

Sekda Papua Kumpulkan para Asisten dan Kepala OPD

Bams

Pemprov Diminta Harus Lebih Serius Kelola Aset Daerah Yang Bisa Datangkan PAD

Tiara

Jabatan Sekda Papua Diserahterimakan Dari Doren kepada Dance

Bams

Bimtek BKD Bahas Penyusunan Evaluasi Jabatan PNS

Bams

Kemenkeu Dorong Pemprov Papua Alokasikan Dana Abadi Pendidikan

Bams

15 Maret, Sertijab Sekda Papua

Bams

Masyarakat Diminta Tidak Terprovokasi Berita Hoax Tentang Sekda Papua

Jems

59 Orang Pejabat Fungsional Dilantik dan Dikukuhkan

Bams