Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pengurus Dikukuhkan, Paguyuban Pasundan Akan Menjadi Corong Pemda

Paguyuban Pasundan
Para pengurus saat dikukuhkan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Ikatan Keluarga Pasunda Merauke (IKPM) menjadi wadah silaturahmi sesama warga Sunda, memajukan orang Sunda di berbagai bidang, memelihara adat istiadat, sosial, seni dan budaya leluhur. Paguyuban Pasundan akan menjadi salah satu mitra dan corong pemerintah daerah untuk turut serta berpartisipasi mengisi pembangunan di Kabupaten Merauke yang akan dicatat oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Merauke terkait dengan upaya pembinaan politik dan pembinaan organisasi di Merauke.

“Sudah seyogyanya kami akan menjalankan roda organisasi ini dan mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan dari pemerintah melalui kantor Kesbangpol,”ujar Ketua Umum IKPM, Asep Surya Putra,SE pada pengukuhan Pengurus IKPM di Coreinn Hotel kemarin. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan rapat kerja pengurus yang hasilnya akan dijadikan acuan dalam menjalankan program-program kerja masing-masing bidang untuk diimplementasikan pada program kerja jangka pendek maupun jangka panjang.

Asep menghimbau kepada warga Sunda agar bersama-sama “guyub” menjaga silaturahim, menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan dan turut serta mensukseskan pembangunan di Kabupaten Merauke. Sebagaimana tema pada pengukuhan kali ini yaitu “sadulur beda lembur pikeun ngarojong pangwangunan di tanah Anim Ha” yang artinya antara lain walaupun kita berbeda asal mari kita mendukung dan mensukseskan pembangunan di bumi Anim Ha ini. Warga Pasundan jangan mudah terprovokasi oleh hal-hal yang tidak jelas yang nantinya akan merugikan diri sendiri.

“Pasundan perlu suatu wadah organisasi paguyuban yang bisa menaungi setiap warganya, Pasundan perlu wadah organisasi paguyuban sebagai ajang silaturahmi warganya serta sebagai wadah sosial budaya Sunda yang dapat menciptakan kebersamaan dalam suasana “guyub” di dalam istana damai, istana kasih sayang dan istana kebersamaan seperti kata orang tua kita Bapak Jhon Gluba Gebze,”pungkas Asep. Sementara itu Kepala Kesbangpol Kabupaten Merauke, Drs.Rama Dayanto, MM mengungkapkan bahwa sebuah sebuah organisasi terdiri dari orang-orang yang saling berinteraksi dan saling mengenal satu sama lain.

Sebuah organisasi dapat berjalan jika orang-orang yang ada di dalamnya saling mengerti dan saling bekerja sama. Rama berpesan agar seluruh pengurus, warga Sunda dan para sesepuh dapat membangun organisasi IKPM dengan baik. Jika masih terdapat kekurangan-kekurangan maka dapat disampaikan kepada sesepuh untuk diberikan pencerahan. “Saya yakin permasalahan yang ada dapat diselesaikan secara organisasi dan kami selaku pihak pemerintah terus berupaya untuk memberikan motivasi agar organisasi yang ada dapat berjalan,”ujar Rama. Sementara itu Sutrisno, S,Sos selaku sesepuh IKPM mengharapkan agar IKPM dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Merauke dan seluruh warga tetap menjalin komunikasi yang baik di antara sesama warga Pasundan. Terlebih lagi dengan dikukuhkannya kepengurusan yang baru sehingga besar harapan segala sesuatunya akan semakin baik termasuk untuk persoalan administrasi yang semakin lengkap.

Artikel Terkait

Martinus Makime, Pemuda Papua Yang Merasakan Manfaat Sekolah Restorasi

Arafura News

Tingkatkan Minat, Peserta Sekolah Restorasi Bakal Dapat Materi Jurnalistik

Arafura News

Meski Masih Pandemi, Sekolah Restorasi Akan Berkelanjutan

Arafura News

Semarak BAF 23 Tahun, Bantu Pendidikan Anak Indonesia

Arafura News

Agus Susanto : Sebagai Insan Intelektual Diharap Mampu Beri Solusi

Arafura News

Ketua BKPRMI Merauke Minta Pemuda Dan Remaja Muslim Terus Makmurkan Masjid

Arafura News

PPS Distrik Merauke Dinilai Sudah Laksanakan Tugas Dengan Baik

Arafura News

Lestarikan Budaya Sunda, Pembinaan Gencar Dilakukan

Arafura News

Meski Sudah Berdiri Sendiri, IKPM Tetap Bersinergi Dengan HKJM

Arafura News