Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tingkatkan Pemahaman, KPU Gelar Sosialisasi Bagi Parpol Dan Stake Holder

KPU merauke Gelar Sosialisasi
Para peserta sosialisasi saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Sehubungan dengan akan dilaksanakannya tahapan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Merauke tahun 2020 maka KPU Merauke mengundang sejumlah pihak terkait pada kegiatan sosialisasi syarat pencalonan, syarat calon dan tata cara pendaftaran bakal pasangan calon dalam kondisi bencana non alam Covid 19 dipusatkan di Swiss-Belhotel kemarin. Kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada parpol, stake holder dan masyarakat pada pelaksanaan Pilkada 2020 terkait proses dan mekanisme syarat pencalonan, syarat calon dan tata cara pendaftaran bakal pasangan calon.

Dalam sambutannya Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH mengemukakan bahwa dalam waktu dekat KPU akan membuka pendaftaran bagi bakal pasangan calon dimana sesuai jadwal akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 September 2020. Namun sebelum pendaftaran dibuka maka sejak 28 Agustus hingga 3 September mendatang, KPU akan mengumumkan tahap pendaftaran tersebut. Tidak hanya itu, sebelum pengumuman direalisasikan, pihak KPU telah melaksanakan pleno penetapan bagi bakal pasangan calon melalui parpol atau gabungan parpol. Pleno penetapan ini terkait dengan syarat pencalonan yang harus dipenuhi oleh bakal pasangan calon melalui parpol.

Sementara itu Ketua Bawaslu Merauke, Oktovina Amtop mengharapkan agar pihak-pihak yang berkepentingan dapat memperhatikan jadwal pendaftaran dan memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal. Dengan demikian jika masih terdapat kekurangan kelengkapan maka dapat segera dilengkapi secara bersama. Pihak Bawaslu dalam hal ini bertindak sebagai wasit di tengah-tengah lomba yang akan berlangsung nanti. “Kami fokus melakukan pengawasan namun personil kami juga juga terbatas. Jadi tidak mungkin kami dapat melihat apa yang terjadi di tembok sebelah, oleh sebab itu mari kita bersama-sama mengawal agar pesta demokrasi di tanah Anim Ha dapat berjalan dengan baik,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Merauke, Rama Dayanto mengungkapkan bahwa politik yang ada saat ini semakin berjalan dinamis dan diibaratkan sebagai seorang gadis cantik yang diperebutkan banyak laki-laki. Namun ia tetap menekankan agar semua pihak dapat bersama-sama menjaga situasi politik yang ada. “Kami juga telah mendapatkan instruksi untuk segera merealisasikan bantuan dana operasional bagi parpol. Oleh karena itu saya meminta pimpinan parpol untuk segera melengkapi persyaratan yang ada pada verifikasi yang sudah kami sampaikan,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Ketua KPU Tegaskan Seluruh Tahapan Pedomani Protokol Covid 19

Arafura News

KPU Merauke Kembali Raih Prestasi

Arafura News

Warga Dihimbau Pastikan Diri Telah Terdaftar

Arafura News

Pastikan Coklit Berjalan Lancar, Ketua KPU Ikut Pantau Langsung

Arafura News

Distribusi APD Masih Tunggu Review Inspektorat

Arafura News

Theresia Mahuze : Coklit Dilaksanakan Secara Faktual

Arafura News

KPU Gencar Sosialisasikan PKPU 5 Tahun 2020

Arafura News

Theresia : Pelaksanaan Rapid Test Akan Dikoordinasikan

Arafura News

Ketua KPU Minta Petugas Pedomani PKPU 5 Tahun 2020

Arafura News