Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Disperindag Lakukan Pertemuan Dengan Apso dan Kepolisian

Disperindag jayapura
Guna memastikan kestabilan harga Sembako di Kabupaten Jayapura

 

SENTANI – Kepala Bidang (Kabid) Perindag Kabupaten Jayapura, Piter Leonard Upesi mengungkapkan bahwa pihaknya pada Selasa (13/10) siang, telah melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pedagang Sembako (Apso) dan Pihak Kepolisian guna memastikan kestabilan harga sembako di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Ini kita lakukan untuk memastikan agar harga barang tetap stabil, sehingga kami lakukan kordinasi dengan pihak Apso, dan keamanan. Karena jikalau harga barang tidak stabil, maka dampaknya akan sangat besar bagi perekonomian para pembeli, dalam hal ini masyarakat kabupaten Jayapura,” beber Piter kepada wartawan saat ditemui di Kota Sentani, Rabu (14/10) siang.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan pihaknya itu dikarenakan adanya permainan harga yang sering dilakukan oleh para pedagang tertentu pada situasi-situasi seperti ini.

“Pernah ada temuan terkait harga barang, salah satunya telur yang harganya melonjak tinggi, yang mana hal itu dilakukan oleh beberapa pedagang. Oleh karenanya maka, upaya ini merupakan bagian daripada pencegahan hal tersebut,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Perwakilan Asosiasi pedagang sembako, Martinus Hutabarat mengaku, saat ini untuk harga sembako Masi stabil, dan juga stoknya juga Masih sangat cukup. Tetapi yang jadi persoalan itu jumlah pembeli yang menurun.

“Selama masa pandemik covid -19 ini kami melihat bahwa, dari segi harga masih stabil atau tidak ada yang naik signifikan, kemudian untuk kekosongan barang tidak dan ketersediaan barang juga masih sangat cukup. Hanya saja yang kami lihat saat ini daya beli masyarakat yang sedikit menurun,” ujarnya.

Menurutnya, penurunan jumlah pembeli itu dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya situasi dan kondisi saat ini yang tidak begitu memungkinkan. Sehingga pihaknya juga akan berupaya menjaga ketersediaan barang, dan harganya.

“Tentunya di situasi covid saat ini, dampaknya sangat besar bagi dunia perdagangan, yang mana salah satunya penurunan jumlah pembeli. Sehingga kami dari Apso akan berupaya menjaga harga tetap stabil dan juga ketersediaan barang,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura, AKBP Dr. Victor Dean Mackbon melalui Kanit ll Ekonomi Sat Intelkam Polres Jayapura, Bripka Prio Edi Hermanto mengatakan, keterlibatan pihaknya itu untuk memastikan situasi Kamtibmas terkait permasalahan ekonomi itu tetap berjalan aman dan kondusif.

“Untuk mengantisipasi adanya persoalan terkait ekonomi dalam hal ini perdagangan, maka kami pihak kepolisian akan tetap memastikan harganya tetap terjangkau, dan stoknya tetap ada. Untuk itu kami akan terus melakukan kordinasi dengan pihak pemerintah dan Apso,” tandasnya.

Artikel Terkait

Pemkab Jayapura Dinilai Lepas Tanggung Jawab Terkait Pembayaran Hak Ulayat Masyarakat Adat

Tiara

Pemkab Jayapura Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Jems

Bupati Jayapura Launching Program Shopping by PGRI Card

Jems

Pemkab Jayapura Launching Aplikasi Simada

Jems

Tidak Mampu Kelola PAD, Kepala OPD Diminta Mundur

Jems

Kado HUT RI Ke-75, Bupati Mathius Resmikan Pholeuw Park

Jems

Bupati Mathius Lantik Pengurus Koperasi TKBM Sinar Pauw, Ini Harapannya

Jems

Gelar Rakornis Pendapatan Daerah, Bupati Jayapura Harap PD Gali Potensi PAD

Jems

Wabup Jayapura Serahkan Bantuan Hewan Qurban Dari Pemkab Jayapura

Jems