Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Venue Menembak PON XX Rampung 100 Persen

Venue Menembak PON XX
Bidang Arena PB PON Papua meninjau venue menembak bersama Pengprov Perbakin, Selasa, 13 Oktober 2020.

JAYAPURA – Venue menembak Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang terletak di Kampung Harapan dan Auri Sentani Kabupaten Jayapura, sudah memenuhi standar internasional.

Pembangunan venue menembak yang dikerjakan oleh PT Nindya Karya sudah rampung seratus persen dan kini dalam tahap pembersihan.

Site Engineer Manager PT Nindya Karya (Persero), Sophian Badollahi mengatakan bahwa pembangunan venue menembak indoor dan outdoor sudah selesai dan dalam beberapa hari ini sedang dilakukan pembersihan.

“Kita sedang bersihkan karena venue menembak ini akan diresmikan oleh bapak Gubernur Papua, 20 Oktober 2020,” ujarnya.

Ia mengatakan, venue Menembak Indoor Papua ini menerapkan regulasi keamanan ketat, seperti di arena menembaknya dan juga dilengkapi gudang penyimpanan senjata dan peluru menggunakan jeruji mirip sel.

“Tingkat keamanannya memang sangat diperhatikan, karena belajar dari pengalaman. Penyimpanan gudang senjata dengan peluru akhirnya dipisah, dan dilengkapi dengan jeruji sel,” ujarnya.

Selain itu, khusus untuk venue menembak Indoor dilengkapi dengan asrama atlet. “Sesuai dengan kontak pembangunan venue Menembak Indoor maupun outdoor rampung seratus persen pada bulan September lalu,” ucapnya.

Sophian menambahkan, venue menembak Papua juga memiliki standar kejuaraan dunia. Dimana, terdapat sejumlah hall atau area fungsi meliputi running target, finall hall.

“Kalau PON nanti ada rekor yang tercipta sudah bisa diakui dunia, karena fasilitas standar dunia,” tuturnya.

Untuk daya tampung penonton, katanya, Untuk area lomba 50 meter Ini menampung 250 penonton, di 10 meter 300 penonton, running target ada 35 penonton, dan final hall 150 penonton.

Sementara untuk venue menembak outdoor di kompleks AURI lahannya seluas 84 hektar juga bisa dikatakan menjadi venue menembak terbaik. “Venue menembak standarnya Internasional dan bahkan ini lapangan Perbaikan terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, venue menembak outdoor sendiri menyiapkan lapangan 3 nomor jenis cabang olahraga, menembak reaksi, menembak skeet and trap dan menembak khusus 300 meter.

“Selain sebagai yang terbaik, fasilitas pendukung venue menembak ini juga sudah lengkap. Semua nomor pertandingan bisa dipertandingkan, dari sisi safety juga kita perhitungkan semua,” ujarnya

Menurut Sophian, jika venua lain tidak menyediakan ruang penonton, tapi venue menembak Papua ini justru telah dilengkapi ruang media, penonton dan ruang medis.

Sementara itu, Plt Kadisorda Papua, Alex Kapisa mengatakan, pembangunan venue menembak satu paket dengan lapangan Softbakl dan Baseball.

Venue yang dibangun dengan anggaran APBD Provinsi Papua ini akan dihibahkan ke pihak Lanud Silas Papare Jayapura.

“Nanti kita duduk bersma diskusi dengan pihak Lanud Jayapura soal pengelolaannya kedepan bagaiamana, kalau mereka tidak mampu kelola sendiri, maka bisa kulakukan pengelolaan secara bersama-sama,” tutur Alex Kapisa.

Artikel Terkait

Meksi Secara Virtual, Polda Tetap Pantau Peresmian Stadion Papua Bangkit

Ridwan

Seribu Personel Amankan Peresmian Venue PON Papua

Bams

Wakapolda Papua Pantau Kesiapan Peresmian Venue PON

Bams

Peresmian Venue PON Secara Virtual, Ketua Panitia Sampaikan Permohonan Maaf

Bams

Peresmian Venue PON Diundur 23 Oktober

Bams

Peresmian Venue PON Dilakukan Secara Virtual

Bams

Izin Peresmian Venue, PB PON Akan Bertemu Kapolda

Bams

Peserta Peresmian Venue PON Wajib Miliki Kartu Bebas Covid-19

Bams

Polda Papua Masih Pertimbangkan Ijin Keramaian Peresmian venue PON

Ridwan