Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Keinginan Sopir Depapre Terwujud, Kapolres: Harapan Kami Ada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, bersama Sekda Kabupaten Jayapura Jayapura Hanna Hikoyabi, S.Pd., MKP dan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Cintiya Ruliani Talantan S. KM, MH, ketika meresmikan area parkir angkutan umum Presisi, Kamis (25/1/2024).

 

 

Sentani – Keinginan para sopir angkutan umum Depapre agar dapat mempunyai terminal akhirnya terwujud setelah diresmikannya area parkir angkutan umum di pusat kota Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

Area parkir yang diberi nama angkutan umum Presisi tersebut, diresmikan oleh Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, bersama Sekda Kabupaten Jayapura Jayapura Hanna Hikoyabi, S.Pd., MKP dan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Cintiya Ruliani Talantan S. KM, MH, Kamis (25/1/2024).

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen mengatakan area parkir angkutan umum presisi yang telah diresmikan itu merupakan hasil kerjasama pihaknya dengan persatuan sopir angkutan umum se-Distrik Depapre.

Dikatakan, Area parkir ini sudah direncanakan sejak tahun lalu setelah menerima masukan dari para sopir khususnya trayek Sentani Depapre maupun dari Depapre ke kampung – kampung.

“Namun karena tidak adanya ketersediaannya lahan parkir sehingga kami bersama para sopir menginisiasi pembangunan area parkir tersebut di tahun 2024 ini” ujar Kapolres.

Diketahui, peresmian area parkir angkutan umum Presisi ini dihadiri Ondoafi Tepera Wauna Septinus Jarisetouw, pemilik lokasi parkiran angkutan umum Presisi Adolof Yarisetouw, Kapolsek Depapre Iptu Muhamad Imran, SE., MH., serta puluhan sopir angkutan trayek Sentani Depapre maupun Depapre ke kampung – kampung.

Kapolres mengatakan, area parkir angkutan umum ini akan mengakomodir distribusi orang dan barang di Distrik Depapre ke sentani dan kampung – kampung sekitarnya.

“Untuk itu, apa yang ada ini kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Distrik Depapre. Harapan kami, terjadi peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” ucapnya.

Terkait dengan beberapa fasilitas seperti MCK yang belum sempat dibangun, Kapolres berharap dapat dilengkapi oleh pemerintah daerah.

Selain itu untuk menghindari perselisihan antar sopir, Kapolres juga menekankan kepada seluruh sopir untuk tertib saat mengangkut penumpang.

“Dengan artian saat antrian penumpang, tidak boleh ada kendaraan yang mengangkut penumpang di luar area parkir sehingga tidak terjadi perselisihan,” jelas Kapolres.

“Tapi kita berharap, pengurus trayek dapat mengatur dengan baik supaya semua mendapat bagian,” tambahnya.

Sementara itu, sekretaris pengurus trayek 105A rute Sentani – Depapre Moses Rumkabu menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Jayapura yang mana atas swadaya bersama akhirnya pihaknya dapat mempunyai area parkir.

“Pembangunan area parkir kami adalah salah satu berkat sebab selama ini yang kami harapkan memang bukan terminal tapi setidaknya ada parkiran yang bisa buat kami berlindung dan semua penumpang bisa mendapat pelayanan dengan baik dan puji Tuhan impian kami hari ini dapat terwujud,” ucapnya.

Ditempat yang sama Sekda Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi mengapresiasi kerjasama yang baik antara Polres Jayapura dan para sopir sehingga terwujudnya area parkir tersebut.

“Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan para sopir angkutan umum yang sudah sangat baik berkomunikasi sehingga atas inisiasinya apa yang terjadi hari ini dapat terwujud. Terima kasih juga kepada pemilik yang sudah rela memberikan tempatnya menjadi fasilitas untuk masyarakat,” ucap Hana.

Hana juga menambahkan akan membangun fasilitas yang belum sempat dibangun oleh Polres Jayapura seperti MCK dan bangunan fisik lainnya.

Senada dengan Hana Hikoyabi, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Nasdem Cintiya Ruliani Talantan mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Polres Jayapura bersama para sopir.

Menurutnya, yang dilakukan Polres Jayapura perlu dicontoh oleh institusi dan lembaga lain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya para sopir dan juga peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk itu, selaku perwakilan masyarakat di Legislatif saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran. Kolaborasi seperti ini sangat penting untuk peningkatan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Awali Tahun 2024, PemanTIK Kabupaten Jayapura Kunjungi Panti Asuhan

Jems

HUT Ke-45, SMPN 2 Sentani Gelar Lomba Fashion Show Daur Ulang

Jems

Datangi TPS 040 Dobonsolo, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Salurkan Hak Pilih

Jems

Ini Imbauan KPID Kepada Media dan Masyarakat Papua pada Pesta Demokrasi Besok

Jems

Tegas, Ondoafi Phuyaka Ingatkan Caleg Non OAP untuk Tidak Menggunakan Money Politik

Jems

Tunjang Operasional Kampus dan Panti Asuhan, Partai NasDem Serahkan 3 Unit Bus Sekolah

Jems

Gelar Turnamen Catur, Ruddy Bukanaung: Ini Ajang Silaturahmi Dengan Pecatur Kabupaten Jayapura

Jems

Komitmen Ruddy Bukanaung Penuhi Permintaan Pedagang Sayur Furia

Jems

Raih Dukungan Suara, Ruddy Bukanaung Gencar Lakukan Tatap Muka Bersama Masyarakat Dapil II

Jems