Pasific Pos.com
Papua Selatan

Giliran Dandim Merauke Dikunjungi Pengurus HIPMI

Kodim-1707
Dandim dan pengurus HIPMI berfoto usai pertemuan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Sukses melakukan pertemuan dengan Kapolres Merauke beberapa waktu lalu, BPC HIPMi Merauke kembali bertemu Dandim 1707/Merauke, Letkol CZI Muh Rois Edy Susilo, ST dan disambut dengan penuh hangat di ruang kerja beliau kemarin.

Dandim sangat mengapresiasi program kerja yang diusung oleh pengurus HIPMI yang sangat memperhatikan nasib para pelaku UMKM masyarakat kecil khususnya warga asli Papua. Bahkan ke depan, kedua belah pihak, baik Kodim maupun HIPMI akan mencoba untuk berkolaborasi mengingat Dandim baru Merauke ini juga sangat peduli pada perkembangan UMKM masyarakat di daerah ini.

Dandim memberi perhatian khusus pada hasil-hasil pertanian di daerah ini yang menurutnya bisa lebih dikembangkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk pengembangan hasil pertanian dan peternakan moderen ke depan. “Saya baru bertugas sekitar 2 bulan di Merauke dan masih memantau apa saja yang bisa dikembangkan di daerah ini terutama dalam membangun masyarakatnya. Jadi kita harus tetap melihat aktifitas masyarakat setempat, apakah lebih dominan bertani, berkebun dan lain sebagainya,”jelas Dandim.

Menurutnya, banyak komoditi yang dapat dikembangkan di daerah ini dan mampu memberikan nilai jual yang cukup menjanjikan. Salah satunya produk dendeng yang kerap dijadikan oleh-oleh dari Merauke. Dengan membidik peternakan moderen maka dapat membantu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat dan cenderung lebih ekonomis karena limbah sapi juga dapat digunakan untuk pupuk dan biogas.

Sementara itu Ketua BPC HIPMI Merauke, Kurniawan Tommy Siriwa menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya bersama pengurus selain untuk bersilaturahmi juga bertukar pikiran dengan komandan yang belum lama bertugas di Merauke itu.

Jika memang ada hal-hal yang bisa dikolaborasikan dan dibantu maka HIPMI akan berupaya untuk bekerja sama, termasuk jika ada anggota Kodim maupun Persit Kartika Candra Kirana yang memiliki UMKM dan membutuhkan dukungan maka HIPMI akan memberikan peluang itu.

Pasalnya, HIPMI memiliki tanggung jawab moral untuk membantu sesama khususnya pelaku UMKM yang memang masih perlu sentuhan, dari kalangan manapun itu. Ia mencontohkan bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat asli Papua binaan Kapolres Merauke berupa kemasan untuk VCO dan stiker beberapa waktu lalu. Selain itu masih banyak lagi pelaku UMKM dari kalangan masyarakat umum yang sudah dibantu sehingga dapat memasarkan produknya dengan lancar dan lebih berkelas. Ia berharap kerja sama dengan Dandim 1707 akan berlanjut dan mampu memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.(Istya Sari Utami)**

Artikel Terkait

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Bams

TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Maritim Di Perbatasan Timur Indonesia

Arafura News

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

Arafura News

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News