Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tertarik Dengan Home Industri Kapolres Merauke

Kapolres bersama fasilitator Rumah BUMN Telkom Merauke menunjukkan produk kancing batok kelapa (foto:iis)

‘Rumah BUMN Telkom Merauke Ajak Berkolaborasi’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Tidak dapat dipungkiri gagasan home industri Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum telah menarik perhatian banyak pihak, mengingat program tersebut tidak hanya menarik namun sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat lokal yang memang dirangkul oleh pria yang pernah sukses memimpin Polres Aceh Utara itu. Tidak hanya berbagai media yang gencar memberitakan program home industri tersebut namun sejumlah kalangan turut mengapresiasi langkah sang Kapolres.

Salah satunya adalah pihak Rumah BUMN Telkom Merauke yang banyak membina pelaku UMKM di Kabupaten Merauke dari berbagai sektor usaha, kemarin secara khusus bertemu langsung dengan AKBP Untung Sangaji untuk membahas tentang kolaborasi dan dukungan pihak Rumah BUMN terhadap program home industri tersebut. Dalam hal ini pihak Rumah BUMN siap mendukung dalam pengurusan ijin dan kemasan produk. Dalam hal ini Kapolres masih terfokus pada produk minyak goreng dan kancing baju dari batok kelapa.

Amadea Sampepadang selaku Fasilitator Rumah BUMN Telkom Merauke kepada Kapolres menyampaikan bahwa RKB merupakan tempat bernaungnya para pelaku usaha dan hingga sekarang sekitar 400 usaha yang sudah dibina di Kabupaten Merauke. Para pelaku usaha diberikan edukasi untuk mengdigitalkan dan mengonlinekan produk-produk mereka sehingga lebih mandiri bahkan naik kelas. Namun khusus di Merauke lebih disarankan untuk melakukan promosi melalui media sosial terlebih dahulu mengingat untuk langsung ke incomers masih sulit.

“Setelah melihat pemberitaan yang cukup gencar tentang home industri bapak, kami merasa apa yang bapak lakukan adalah sesuatu yang keren karena mau bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sebagai sosok Kapolres bapak telah melakukan sebuah terobosan yang berbeda, oleh sebab itu kami bermaksud untuk mendukung warga binaan bapak sehingga dapat memiliki kemasan produk yang bagus dan juga aman dari segi perijinan karena akan kami bantu pengurusannya,”jelas Amadea.
Sementara itu Kapolres mengemukakan bahwa apa yang ia lakukan pada dasarnya meliputi pekerjaan yang biasa hingga yang luar biasa demi menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bahkan tidak disangka-sangka mampu menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi hingga keluar negeri. Untuk kancing baju batok kelapa saja bisa menembus pasaran Eropa dan sekarang tengah dipersiapkan untuk memenuhi permintaan ke Negara Nepal. “Saya ini orang yang tidak mempunyai rem apalagi untuk kegiatan sosial, saya tidak bisa stop karena saya suka. Selama saya masih sehat dan bisa membantu orang lain maka akan saya lakukan, di manapun dan kapanpun itu.

Jika bertemu masyarakat saya selalu peluk mereka meskipun mereka kadang merasa aneh karena tidak pernah dipeluk oleh pejabat,”ujar Untung Sangaji sambil tersenyum. Pada dasarnya, Kapolres menyambut positif maksud dan tujuan pihak RumaH BUMN sehingga siap untuk berkolaborasi. Nantinya hasil produk akan dibeli oleh koperasi Polres Merauke sehingga masing-masing pihak akan saling memperoleh keuntungan. Usai bertemu pihak fasilitator, Kapolres mengajak mereka untuk meninjau langsung tempat warga dilatih home industri yang terletak pada tenda di halaman Mapolres sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat yang tengah bersiap untuk mulai latihan siang itu.

Artikel Terkait

Telkom Percepat Upaya Recovery Kabel Laut SMPCS Biak-Jayapura

Bams

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

Komisi IV DPR Papua Minta, PT Telkom dan PT Telkomsel Berikan Kompensasi Kerugian Atas Putusnya Jaringan

Afrans