Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Sandiaga Uno Atur Jadwal Untuk Berkunjung ke Papua

Jakarta – Tertarik dengan potensi wisata yang ada di Provinsi Papua, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA,M.B.A mengatakan, jika pihaknya akan mengatur jadwal untuk berkunjung ke Papua.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno kepada sejumlah awak media usai melakukan kegiatan bersama Komisaris Faunaland, dr. Irene dengan mengundang 50 tenaga kesehatan dari berbagai rumah sakit yang ada di Jakarta untuk menikmati libur sejenak sambil makan siang di Telaga Sampiren Taman Impian Jaya Ancol.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Papua, Yanni SH dan pengurus Partai Gerindra Kabupaten Sarmi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sarmi, Marco Kopong LB.

“Ke Papua, ya kita akan jadwalkan untuk berkunjung kesana. Karena ibu Yanni bilang banyak obyek wisata di Papua. Jadi setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini sedikit membaik keadaanya, baru kami akan segera jadwalkan ke Papua,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno ketika ditemui Pasific Pos di Faunaland, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu 10 Februari 2021.

Terlepas dari itu, Menparekraf menjelaskan, alasan dirinya melakukan acara tersebut, guna mengapresiasi para perjuangan tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda tedepan dan sudah berjuang selama setahun dalam mengatasi pandemi covid-19 untuk masyarakat di Indonesia.

Menurut Sandiaga Uno, perjuangan para tenaga kesehatan memang sangat tidak mudah dalam menangani pandemi Covi-19 untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Indonesia.

Kendati demikian, Sandiaga Uno yang juga sebagai Politikus Partai Gerindra berharap acara tersebut dapat memberikan inspirasi kepada para pelaku usaha di bidang pariwisata lain, untuk ikut serta dalam membantu para tenaga kesehatan dalam memerangi covid-19 dengan cara tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan disipilin.

“Harapan kita ini suatu program keberpihakan Kemenparekraf kepada para saudara-saudara kita nakes agar mereka tetap semangat dan bisa lebih meningkatkan protokol kesehatan. Selain itu, saya juga sekaligus mengecek kesiapan fasilitas pariwisata ditengah-tengah pandemi serta kesiapan dari Faunaland juga beberapa destinasi wisata lain untuk penerapan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Susainability (CHSE),” terangnya.

Namun, dirinya pun berharap ini bisa menjadi moment penyemangat untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan prokes agar dapat membangkitkan perekonomian maupun dibidang pariwisata.

“Kita harus bangkitkan pariwisata dengan prokes yang lebih ketat dan disiplin. Untuk itu kita harus melawan Covid agar kita bisa membangkitkan kembali perekonomian untuk membuka peluang agar lapangan pekerjaan tetap tersedia bagi masyarakat Indonesia,” tandas Sandiaga Uno.

Hal senada dikatakan Komisaris Faunaland, dr. Irene bahwa, ini bentuk apresiasi pihaknya kepada para tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

Namun disisi lain lanjut dr. Irene yang juga merupakan putri sulung Ketua DPD Gerindra Papua ini, bahwa Faunaland juga dapat menjadi salah satu alternatif wisata karena tak hanya mengusung konsep ecotourism, tetapi juga edutourism. Sebab lokasinya pun sangat strategis, tidak jauh dari pusat kota Jakarta.

“Apalagi objek wisata berbasis konservasi ini untuk memberikan promosi khusus kepada tenaga kesehatan dan keluarga yang telah berjuang membantu melawan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni SH yang turut menghadiri acara tersebut mengatakan, tanggal 10 Februari 2021 dirinya bersama Wakil Ketua II DPRD Sarmi pak Marcos Kopong mengunjungi Faunaland Ancol bersama bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif bapak Sandiaga Uno sambil melihat-lihat satwa yang ada di sekeliling Faunaland.

Bahkan Anggota Komisi III DPR Papua ini mengungkapkan, saat bersama dengan pak Menteri, dirinya pun langsung mengundang beliau (Sandiaga Uno) untuk bisa mengunjungi Papua.

Dan pada kesempatan itu kata Yanni, kami juga menyampaikan bahwa banyak sekali tempat wisata di Papua dengan berbagai keindaham alam dan wisata serta memiliki sejarah tersendiri.

“Seperti di Kabupaten Jayapura ada Tugu Mark Athur. Sementara di Boven Digoel adalah tempat pembuangan Bung Hatta yang memiliki edukasi sejarah bangsa. Bahkan masih banyak lagi obyek wisata lainnya yang sangat mempesona. Dan beliau sangat setuju atas undangan yang telah disampaikan,” ungkap Yanni dengan penuh suka cita.

Yanni menambahkan, tentu ini merupakan suatu kehormatan bagi kita semua atas kehadiran bapak Menteri yang nantinya untuk mempromosikan Papua ke tingkat nasional dan Internasional.

“Pak Menteri Sandiaga Uno juga ingin sekali memperlihatkan bahwa ternyata Papua begitu indah dan sempurnah, bukan saja di kanca Nasional tapi juga di mata dunia. Papua ini adalah hadiah dari Tuhan,” imbuhnya.

Artikel Terkait

Dinas Kehutanan Papua Bangun sarana wisata di Kampung Yokiwo

Bams

Pemerintah Berupaya Hidupkan Lagi Sektor Pariwisata

Arafura News

Pantai Hamadi Resmi Jadi Objek Wisata Digital

Zulkifli

Asita Papua Kembali Jual Paket Wisata September Mendatang

Zulkifli

Gelar Kegiatan Di Berbagai Lokasi

Arafura News

PON XX, Tonjolkan Budaya dan Pariwisata Papua

Bams

Kenalkan dan Jaga Alam Bawah Laut, Pemkab Jayapura Bangun Rumah Diving

Jems

Dubes Jepang Tertarik Dengan Potensi Wisata Milik Kabupaten Jayapura

Jems

BI Rekomendasikan Dua Hal Ini Tingkatkan Perekonomian Sektor Pariwisata

Zulkifli