Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Dinas Kehutanan Papua Bangun sarana wisata di Kampung Yokiwo

Jayapura – Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua membangun lima sarana dan prasarana wisata alam di Kampung Yokiwa, Kabupaten Jayapura. Ini adalah bagian dari program pengembangan ekowisata atau wisata berbasis ekologi di Kampung tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Papua, Jan Jap Ormuseray menerangkan, ada lima sarana wisata yang telah dibangun, yakni jogging tracking sepanjang 285 meter, menara pantau setinggi 12 meter, rumah anggrek, rumah edukasi dan rumah kompos.

“Kami harap Kampung Yokiwa bisa mengelola wisata alam dengan daya tarik kali Jaifuri, panorama alam yang dihiasi pepohonan dan beberapa jenis ikan endemik danau sentani yang akan menjadi daya tarik para wisatawan,” kata Ormuseray di Jayapura, Jumat (19/2/2021).

Dengan begitu, lanjutnya, ekowisata Kampung Yokiwa dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adat di Kampung Puay dan Kampung Yokiwa.

“Masyarakat lokal akan mendapatkan keuntungan ekonomi baik dari pengelolaan fasilitas yang ada maupun dari penjualan produk lokal seperti kulinter, handycraft dan atraksi budaya yanag ada,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kampung Yokiwa akan menjadi model untuk pengembangan ekowisata di daerah lain di Papua. Untuk itu, ia juga mengharapkan dukungan dari tokoh adat, tokoh agama dan Pemerintah Kampung serta pemuda bersama-sama memajukan Kampung Yokiwa.

“Dukungan sektor lainpun diharapkan turut berkontribusi untuk pengembangan Kampung Wisata sehingga visi misi Gubernur nyata terlihat di kampung Binaan tersebut,” imbuhnya.

Yokiwa adalah salah satu kampung di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Dikampung Yokiwa terdapat muara yang berasal dari Danau Sentani yang di kenal dengan nama Kali Jaifuri.

keberadaan Kali Jaifuri secara alami untuk mengalirkan air yang bersumber dari Danau Sentani menuju ke Muara Tami. Karena alam yang masih alami dan kali yang terawat menjadikan Kampung Yokiwa sebagai salah satu kampung wisata di Kabupaten Jayapura.

Di sepanjang pinggiran Kali Jaifuri ini terdapat pondok – pondok wisata untuk sekedar istirahat maupun menikmati keindahan kali jaifuri. Wisatawan dapat berenang bersama keluarga dan aktifitas memancing atau mau mengarungi kali Jaifuri dengan Arung Jeram.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan “Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kampung Yokiwa kami dari Pemerintah Kabupaten Jayapura sudah bekerja sama dengan pemuda – pemuda setempat untuk obyek wisata arung jeram, untuk mendukung obyek wisata arung jeram juga kami sudah membangun Homestay dan Gazebo di sekitar kali Jaifuri”

Artikel Terkait

Bupati Tolikara Kembangkan Kampung Agrowisata Terpadu

Bams

Sandiaga Uno Atur Jadwal Untuk Berkunjung ke Papua

Tiara

Pemerintah Berupaya Hidupkan Lagi Sektor Pariwisata

Arafura News

Pantai Hamadi Resmi Jadi Objek Wisata Digital

Zulkifli

Asita Papua Kembali Jual Paket Wisata September Mendatang

Zulkifli

Gelar Kegiatan Di Berbagai Lokasi

Arafura News

PON XX, Tonjolkan Budaya dan Pariwisata Papua

Bams

Kenalkan dan Jaga Alam Bawah Laut, Pemkab Jayapura Bangun Rumah Diving

Jems

Dubes Jepang Tertarik Dengan Potensi Wisata Milik Kabupaten Jayapura

Jems