Pasific Pos.com
Papua Selatan

Peduli Pendidikan Anak-Anak Perbatasan

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum (foto:ist)
‘Kapolres Merauke Giatkan Program Polisi Mengajar’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Perhatian yang begitu besar akan terus ditunjukkan oleh Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum terhadap pendidikan anak-anak asli Papua khususnya yang ada di kawasan perbatasan negara RI dan PNG. Setelah mengawali dengan memberikan bantuan buku beberapa waktu lalu, pihaknya dalam waktu dekat akan kembali menyambangi anak-anak setempat, salah satunya di kawasan Rawa Biru Distrik Sota. Dirinya ingin memastikan bahwa pendidikan anak-anak di sana tetap berjalan dengan baik. Bahkan program polisi mengajar yang sudah berjalan selama ini akan terus digiatkan serta koordinasi yang semakin intens dengan Bhabinkamtibmas sehingga pihaknya dapat memantau setiap perkembangan yang terjadi.

“Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi lewat radio hampir setiap hari dan tidak jarang saya juga menelpon langsung agar dapat mengetahui perkembangan program mengajar tersebut. Di antaranya yang menyangkut materi pelajaran yang sudah maupun yang akan diberikan, bagaimana kemampuan anak-anak khususnya siswa SD di sana yang tidak terbatas hanya di dalam kelas saja tetapi juga di luar kelas,”jelas Kapolres di ruang kerjanya. Menurutnya, anak-anak perlu diajarkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat di luar jam sekolah, misalnya dengan cara bercocok tanam dan apapun yang dapat menghasilkan.

Setelah anak-anak diajarkan tentang pertanian maka mereka akan lebih memahami komoditi yang ditanam dan dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari atau dijual guna menambah penghasilan keluarga. Anak-anak akhirnya dapat mengetahui bagaimana proses orang tua mereka mendapatkan penghasilan dengan cara bercocok tanam tersebut. Tidak hanya di tingkat SD, untuk siswa SMP juga dapat berkolaborasi tentang pengolahan tanah dan pupuk. Sedangkan untuk siswa SMA dapat diajarkan tentang bisnis online namun masih berhubungan dengan program sebelumnya. Kapolres menjelaskan bahwa penting bagi orang tua di kawasan perbatasan untuk ikut mendukung pendidikan anak sehingga tidak berjalan konstan tanpa ada spesialisasi.

Artikel Terkait

Home Industri Kapolres Merauke Makin Dikenal

Arafura News

Prihatin Dengan Masalah Pemalangan

Arafura News

Dapat Kesempatan Dilatih Home Industri

Arafura News

Rutin Pantau Hasil Kerja Mama-Mama Asmat

Arafura News

Fokus Tindak Lanjuti Home Industri Di Awal 2021

Arafura News

Pasca Anggota Terpapar Covid, Kapolres Perketat Pengawasan

Arafura News

Tertarik Dengan Home Industri Kapolres Merauke

Arafura News

Terkait Pemalangan Gedung DPRD, ‘Kapolres : Police Line Tetap Dipasang Hingga Kasus Selesai’

Arafura News

Kedekatan Ketua Bhayangkari Ny.Ndari Untung Sangaji Dengan Mama-Mama Papua

Arafura News