Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Mantan Bupati Jayapura 2 Periode Meninggal Dunia, LKUB Sampaikan Ucapan Belasungkawa

habel melkias Meninggal Dunia
Ketua LKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku.
Alberth Yoku : HMS Adalah Orang yang Meletakkan Dasar Pembangunan di Kabupaten Jayapura

 

SENTANI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, telah kehilangan orang tua terbaik Kabupaten Jayapura yang juga mantan Bupati Jayapura DR. Habel Melkias Suwae, S.Sos, MM.

Habel Melkias Suwae adalah mantan Bupati Jayapura dua periode yang merupakan pencetus Program Pemberdayaan Kampung di Kabupaten Jayapura yang banyak dicontohi oleh Kabupaten lain di Papua.

Tokoh kharismatik Papua yang lekat disapa pak HMS tersebut, wafat pada Kamis 3 September 2020, sekitar pukul 15.00 WIB.

Yang mana duka mendalam itu juga dirasakan oleh seluruh pengurus beserta anggota Layanan Kerukunan Umat Beragama (LKUB) Kabupaten Jayapura.
Pdt. Alberth Yoku, mengungkapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Habel Melkias Suwae.

“Sebagai anak Tabi, saya menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya seorang tokoh Nasional, tokoh Papua, tokoh daerah, tokoh di Tanah Tabi dan secara khusus di Kabupaten Jayapura. Semoga surga tempatnya, diterima segala amal kebaikannya oleh Tuhan Yesus Kristus. Serta diberikan keikhlasan untuk keluarga yang ditinggalkan,” ucapnya.

Mantan Bupati Jayapura 2 Periode Meninggal Dunia
Habel Melkias Suwae

Alberth mengungkapkan, seluruh pengurus dan anggota LKUB Kabupaten Jayapura, mengucapkan duka yang mendalam.

“Bapa atau kaka HMS ini adalah orang yang meletakkan dasar bagi seluruh fasilitas Pemerintahan Kabupaten Jayapura. Jadi apa yang sekarang dipakai oleh bupati sekarang, DPR dan seluruh OPD, itu semuanya karya dari bapa HMS. Dengan demikian, kita bisa katakan bahwa bapa HMS adalah sosok yang meletakkan dasar semua hal yang menyangkut pembangunan di Kabupaten Jayapura. Termasuk motto Khenambay Umbay itu juga dicetuskan oleh bapa HMS,” imbuhnya.

“Beliau juga adalah seorang tokoh yang dikenal dengan tokoh Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan. Jadi hal seperti ini merupakan hal-hal khusus yang spesial dari yang bersangkutan. Oleh karena itu, kita menyatakan hormat dan sampaikan terimakasih atas semua karya di Kabupaten Jayapura secara khusus, juga di Provinsi Papua dan di Indonesia. Kemudian juga menjadi contoh yang baik bagi kami adik-adiknya di Wilayah Adat Tabi,” tambah pria yang juga pernah sebagai Ketua Sinode GKI di Tanah Papua tersebut.

Begitu pula atas nama Ketua LKUB Kabupaten Jayapura, juga menghaturkan belasungkawa atas wafatnya Habel Melkias Suwae.

“Atas nama Ketua LKUB Kabupaten Jayapura, saya menyampaikan terimakasih kepada bapa HMS, dimana bapa adalah seorang tokoh yang juga bisa menerima harmoni award sebenarnya, karena bapa adalah tokoh yang plural, tokoh yang menghargai Kebhinekaan dan kemajemukan. Oleh karena itu, saya sebagai ketua LKUB Kabupaten Jayapura menyampaikan, bahwa kami seluruh umat beragama juga ucapkan berbelasungkawa dan turut berdukacita atas berpulangnya bapa HMS,” tutupnya.

Seperti diketahui, Habel Melkias Suwae sebelumnya sempat mengalami serangan jantung. HMS yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Papua ini mengalami serangan jantung di kediamannya, di Apartemen Sudirman Park sekitar pukul 15.00 WIB dan dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto.

Almarhum yang lahir di Tablanusu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, 28 Mei 1952. Habel Melkias Suwae yang akrab disapa HMS ini masih aktif sebagai Staf Ahli Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasie) Pembinaan Umum dan Masyarakat pada Kantor Sosial Kabupaten Jayapura, juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Jayapura, kemudian pernah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura dari tahun 1999-2001 dan pernah menjabat sebagai Bupati Jayapura dua (2) periode dari tahun 2001 hingga 2011.

Untuk diketahui, jenazah almarhum akan diberangkatkan pada Jumat (4/9/2020) malam ini dan akan tiba pada Sabtu (5/9/2020) pagi hari dan akan dibawah ke gedung DPRD Kabupaten Jayapura dan sebagai pejabat negara di Kementerian BKPM RI, almarhum akan diserahkan secara resmi oleh bapak Menteri BKPM kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dan dilanjutkan kepada keluarga. Selanjutnya almarhum akan dibawa untuk disemayamkan ke rumah duka di kediaman almarhum di Polimak, Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Artikel Terkait

Pemeriksaan Rapid Test di Kabupaten Jayapura Terus Berlanjut

Jems

Bahas Perlindungan Cycloop, Bupati Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Todat dan Paguyuban

Jems

Kembali Pantau Hilal di Demta, Tim Falaqiyah : Berdasarkan Hasil Rapat

Zulkifli

Hasil Kunker Waket Komisi I DPR Papua Temukan Masyarakat Kesulitan Air Bersih

Tiara

Yanto Eluay : P5 Dalam Waktu Dekat Akan Laksanakan Deklarasi

Fani

Warga Kampung Sereh, Dibantu Mesin Pengolah Sagu dan Alat Pengasap Ikan

Jems

Tokoh Adat Papua Beri Apresiasi dan Sambut Baik Kunker Kepala BNPB

Jems

Bentuk Kepedulian, ATM-APTM Salurkan Bantuan Bama

Jems

Usulan Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Jayapura Resmi Ditolak

Jems