Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dukung PON XX, Dinas TPH Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

Dukung PON XX Dinas TPH jayapura Sulap Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM, saat menanam pohon pisang secara simbolis dikebun tani Kehiran, Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (6/3) siang.

“Dari 65 hektar yang sudah disiapkan itu, akan tesebar di empat wilayah pembangunan meliputi WP I, II, III dan IV. Yang terbesar, ada di lahan kebun pertanian yang disiapkan di wilayah pembangunan I, yakni seluas 35 hektar yang berlokasi di Kehiran I, Kampung Yoboi, Distrik Sentani.

Maka, pada hari ini kita tanam diatas lahan seluas 35 hektar dari total 65 hektar yang telah kita siapkan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, SP, MM, saat dikonfirmasi sejumlah awak media usai penanaman perdana Padi Ladang, Buah-buahan dan Sayur-sayuran, di Kehiran I, Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Jumat (6/3) pagi.

Lebih lanjut Adolf Yoku menuturkan, metode penanaman pada lahan pertanian itu dengan metode tumpang sari. Artinya, tidak saja ditanam satu jenis tanaman tetapi akan digabung dengan beberapa jenis tanaman lainnya.

“Sistem tanaman kita diservikasi, artinya tanaman yang akan ditanam di atas lahan ini metode tumpang sari, jadi ada padi ladang, jagung, syafu, pisang, pepaya, semangka dan sayur sayuran lainnya,” jelas pria yang mahir berbahasa Jepang tersebut.

Dirinya mengatakan, untuk lahan pertanian di Kehiran I Kampung Yoboi itu, pihaknya telah membangun satu buah embung dengan luas 10x 30 meter. Embung itu nantinya akan mengaliri lahan pertanian seluas 35 hektar tersebut. Untuk petaninya sendiri, saat ini digarap oleh satu kelompok tani yang bernama Kelompok Tani Ayoo Kerja. Mereka beranggotakan sekitar 30-an orang.

Artikel Terkait

Buka Musrenbang di Tahun Terakhir Menjabat, Ini Harapan Bupati Mathius

Jems

Masih Perbup, Pemkab Jayapura Secepatnya Siapkan Perda Menara

Jems

Subhan: Realisasi Penyerapan Anggaran Baru Mencapai 66,8 Persen

Jems

Berlangsung Sederhana, MARIO Rayakan Empat Tahun Kepemimpinan

Jems

HUT DWP ke 22, DWP Kabupaten Jayapura Gelar Puncak Peringatan

Jems

Pemkab Jayapura Bantu Angkutan Pedesaan untuk Menunjang Tranportasi Masyarakat Airu

Jems

Bupati Mathius Serahkan Bantuan 15 Unit Rumah Bagi ASN Kepada Pemerintah Distrik Airu

Jems

Ini yang Dilakukan Bupati Mathius Ketika Melakukan Kunker di Distrik Airu

Jems

15 Unit Rumah di Bangun Pemkab Jayapura Bagi ASN Distrik Airu

Jems