Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

15 Peserta Diharapkan Dapat Menjadi Pioner Batik Bagi Masyarakat Kabupaten Jayapura

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw menerima kain batik hasil karya para peserta yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Parson Horota.

SENTANI – Pelatihan membatik level 2 yang difasilitasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura, yang di laksanakan di Sanggar Batik Telaga Ria, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, selama 10 hari itu secara resmi ditutup Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw.

Penutupan pelatihan yang diikuti sebanyak 15 orang dari pembatik orang asli Papua (OAP) yang ada di Kabupaten Jayapura tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Parson Horota.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw kepada wartawan mengatakan, pihaknya melihat pelatihan membatik ini di Papua sebenarnya hal yang baru, akan tetapi kita di Papua memiliki potensi luar biasa.

Yang mana, sesungguhnya bisa juga diletakkan di atas kain dan itu bisa dilakukan hanya dengan orang yang mengikuti pelatihan membatik.

“Hal ini sudah dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM, yang mana telah melibatkan ibu-ibu kita sebanyak 15 orang di wilayah pembangunan I, III dan IV, untuk hadir di tempat ini mengikuti pelatihan membatik kurang lebih selama 10 hari,” kata Timothius J. Demetouw usai menutup kegiatan pelatihan membatik tersebut, Jumat (25/6/2021) sore.

Melalui pelatihan membatik lanjutan yang digelar selama 10 hari ini, apa yang telah mereka peroleh dari instruktur batik ini, kami harapkan pengetahuan dan juga keterampilan membatik itu tidak hanya di mereka saja. Tapi, kalau bisa mereka menjadi pionir penggerak untuk bagaimana di seluruh kampung/kelurahan dan distrik di Kabupaten Jayapura ini, ibu-ibu yang lainnya bisa memiliki keterampilan membatik dan bisa mengangkat potensi-potensi yang ada di Bumi Khenambay Umbay ini.

“Karena kita memiliki sumberdaya alam yang begitu banyak seperti hutan, laut, danau dan gunung yang begitu indah. Di hutan ada sekian banyak margasatwa, berbagai jenis flora dan fauna, kemudian di laut ada berbagai jenis ikan. Ini semua bisa dijadikan sebagai motif-motif untuk dibuat di atas kain-kain yang dihasilkan sebagai keterampilan membatik,” tukasnya.

Pelatihan membatik ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Lenora Bemei, para kepala bidang di Dinas Koperasi dan UKM serta sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura.

Artikel Terkait

Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit Kodim Jayapura Bersinergi Lakukan Karya Bakti

Jems

KKK Kabupaten Jayapura Gelar Ibadah Perayaan Natal Secara Khidmad

Jems

Fraksi Nasdem: Pj Bupati Harus Menseriusi Surat Pergantian Ketua DPRD

Jems

Hadiri Acara Tanam Cabai, Cintiya Ruliani Talantan Serahkan Bantuan Kultivator

Jems

Bersama Kapolres Jayapura dan Anggota DPRD, Tim Colo Sagu Tanam Cabai di Lahan PoktanĀ  Pelita Jaya Makmur

Jems

Ikuti Diksar selama 12 Hari, 41 Peserta Pelatihan Satpam di Sentani Siap Terjun ke Dunia Kerja

Jems

Danlanud Silas Papare Lakukan Coffee Morning dengan Wartawan

Jems

Otis Suwae: Kami Minta Bawaslu Tegas Tindak Caleg yang Curi Start Kampanye

Jems

Soal APK Curi Start Kampanye, NYO: Bawaslu Harus Tegas Menindak Caleg Tersebut

Jems