Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sambut Ramadhan Selama Social Distancing

Sambut Ramadhan merauke Social Distancing
Bupati Merauke, Frederikus Gebze (foto:iis)
‘Pemerintah Dan Umat Islam Berupaya Cari Solusi Terbaik’

MERAUKE,ARAFURA,- Bupati Merauke, Frederikus Gebze menghimbau agar tradisi selama Bulan Ramadhan jangan sampai hilang namun tetap berpedoman pada kesepakatan yang sudah ada mengingat saat ini tengah diberlakukan social distancing.

Jadi tata caranya tetap diatur, termasuk untuk pelaksanaan Shalat Taraweh selama bulan puasa tahun ini. Hal ini juga terkait dengan kesepakatan dengan para tokoh agama Islam, ustad, ustazah, Ormas Islam, PKM, imam masjid hingga remaja masjid, di samping ada fatwa MUI, surat edaran Menteri Dalam Negeri dan instruksi presiden maka khusus untuk di Kabupaten Merauke pihak pemerintah bersama seluruh umat Islam ingin mencari solusi yang terbaik.

Kalau bisa tradisi yang ada jangan sampai hilang atau ditiadakan namun dapat diatur tetapi sifatnya terbatas. “Semua ini adalah tradisi dan berdasarkan hasil rapat yang telah dilakukan akhirnya ditemukan titik terang dan telah ditandatangani oleh Kantor Kementerian Agama, Pemda dan MUI Merauke. Saya pikir ini adalah langkah yang baik dan saya memberikan apresiasi kepada seluruh umat Islam yang telah bersama-sama mencari solusi terbaik,” ujarnya kepada wartawan di gudang Perum Bulog GBB Maro 202 Gudang Arang Sabtu lalu.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Merauke, dalam rangka menjalankan ibadah puasa serta pembayaran zakat untuk dapat mengubah pola sebagaimana fitrah kita kepada masyarakat kecil. Dengan adanya kemampuan dan kelebihan yang kita miliki maka dapat diolah menjadi sesuatu yang berarti. “Kita serahkan kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga mendatangkan pahala, nikmat dan berkat bagi kita,”terangnya.

Kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Merauke, dari distrik hingga ke kampung-kampung, bupati juga meminta untuk bersama-sama bershalawat dan memberikan tauziah dengan fokus pada beberapa hal penting, yaitu tetap membangun militansi, semangat akidah keislaman, tetap memberikan dukungan dan kerja sama menciptakan kedamaian di bumi Anim Ha serta terus mengingatkan masyarakat kita untuk tetap menjaga kebersihan.

Setiap Jumat seluruh masjid harus disemprot desinfektan oleh seluruh remaja masjid dan pembersihan rumah-rumah ibadah. “Saya percaya untuk kebersihan tubuh saudara-saudara muslim sudah melakukannya setiap saat ketika berwudhu, tinggal untuk kesadarannya lebih ditingkatkan lagi. Mari kita bersama-sama semua ikut terlibat menjelang Ramadhan sehingga kita semua dilimpahi berkat dari Gusti Allah,”harapnya.

Artikel Terkait

Semarak BAF 23 Tahun, Bantu Pendidikan Anak Indonesia

Arafura News

Agus Susanto : Sebagai Insan Intelektual Diharap Mampu Beri Solusi

Arafura News

Ketua BKPRMI Merauke Minta Pemuda Dan Remaja Muslim Terus Makmurkan Masjid

Arafura News

PPS Distrik Merauke Dinilai Sudah Laksanakan Tugas Dengan Baik

Arafura News

Lestarikan Budaya Sunda, Pembinaan Gencar Dilakukan

Arafura News

Meski Sudah Berdiri Sendiri, IKPM Tetap Bersinergi Dengan HKJM

Arafura News

Pengurus Dikukuhkan, Paguyuban Pasundan Akan Menjadi Corong Pemda

Arafura News

Puluhan Box DOC Dimusnahkan

Arafura News

Efek Pandemi, Vitamin Diambil Langsung Pihak Orang Tua

Arafura News