Pasific Pos.com
Headline

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus KONI Papua, Marciano Minta Genjot Prestasi Atlet

JAYAPURA – Pengurus KONI Papua resmi dilantik dalam pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Papua periode 2022-2026 di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayaura, Jumat (15/7/2022).

KONI Papua dibawah kepemimpinan Kenius Kogoya diharapkan ke depan bisa meningkatkan prestasi olahraga Papua, apalagi Papua telah ditetapkan sebagai provinsi olahraga.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman kepada Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman dalam arahannya menyebutkan tentang ‘Provinsi Olahraga’ yang mana disebut Presiden Joko Widodo pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua yang lalu. Adapun Papua sudah sah menjadi ‘Provinsi Olahraga’ pada 20 Mei 2022 di Hotel Sultan, Jakarta.

Tentunya hal tersebut perlu dimanfaatkan dengan baik oleh KONI Papua. Masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat olahraga berharap Papua mampu lahirkan atlet-atlet berkelas dunia. “Kita Bangsa Indonesia bisa berharap banyak dari prestasi atlet-atlet Papua. Kita akan dengar prestasi atlet-atlet Papua ini dalam berbagai kejuaraan dunia. Sukses untuk Papua sebagai ‘Provinsi olahraga’,” katanya.

Marciano sampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi kinerja Ketum KONI Papua sebelumnya. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketum KONI Provinsi Papua yang sebelumnya, dalam hal ini Bapak Gubernur Lukas Enembe, yang selama 2 periode telah memimpin induk organisasi olahraga di Provinsi Papua ini dengan sangat baik,” ungkapnya

Dikatakan mantan Kepala BIN ini bahwa Lukas Enembe sebagai Gubernur dan juga mantan Ketua Koni Papua telah membuat sejarah dengan prestasi serta kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua, sebagai PON pertama di masa sulit pandemi Covid-19.

“Beberapa waktu yang lalu, kita melewati satu tonggak sejarah di dalam pembinaan olahraga berprestasi yaitu penyelenggaraan bahkan Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2021 di Papua yang sangat membanggakan kita semua,” terang Marciano.

Papua sudah sukses berprestasi, tidak hanya sebagai penyelenggara namun juga prestasi atlet-atletnya. Terakhir, Papua yang juga tuan rumah tempati peringkat keempat PON XX/2021 atau provinsi terbaik di luar Jawa, dengan perolehan 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu.

Yang membuat Ketum KONI Pusat optimistis, kepengurusan KONI Papua 2022-2026 terdiri dari mereka yang berhasil mengantar Papua meraih peringkat empat nasional dan mereka yang berhasil membawa PON XX/2021 di Papua sukses.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, M. Ridwan Rumasukun menyampaikan pesan kepada kepengurusan yang baru dilantik. Pemprov Papua berharap adanya persatuan masyarakat olahraga prestasi di naungan KONI Papua dapat bersatu sukseskan Papua sebagai ‘Provinsi Olahraga’.

Dengan ‘Provinsi Olahraga’, terdapat beberapa keuntungan seperti adanya regulasi (Perda) agar adanya dukungan alokasi anggaran pembinaan atlet, pemanfaatan sarana dan prasarana eks PON yang berstandar internasional, dukungan tenaga pendukung pembinaan atlet dan sebagainya.

“Sesuai program dan keinginan pemerintah pusat dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), maka melalui KONI Pusat telah membangun Grand Desain Olahraga Prestasi Nasional tahun 2021-2036. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membangun, membina olahraga prestasi di Papua,” kata Kenius Kogoya mengajak jajarannya memiliki tekad bulat dan sinergi.

Beberapa hal juga disinggungnya terkait ‘Provinsi Olahraga’ seperti pemanfaatan sarana dan prasarana, atensi kepada Sports Science, Sports Tourism dan juga kepelatihan.

“Menjadi salah satu barometer nasional, hal ini telah kita buktikan dengan penyelenggaraan PON XX/2021 di Papua yang telah sukses,” ujar Kenius.

Tak lupa ia akui jasa Ketum KONI Papua sebelumnya yang juga Gubernur Papua, Lukas Enembe. Kenius sampaikan harapan agar Papua di bawah Gubernur Lukas Enembe mendapatkan penghargaan pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) mendatang.

Artikel Terkait

Juliana J Waromi Kembali Pimpin Perpani Papua

Bams

Kejuaraan Asia 2022, Eduardo Apcowo Raih Medali Perunggu

Bams

Terpilih Jadi Ketua KONI, Kenius Kogoya Siap Pertahankan Prestasi Papua di PON 2024

Bams

Marciano Norman: Manfaatkan Venue Eks PON agar Papua Sukses sebagai Provinsi Olahraga

Bams

Buka Musorprov Koni, Gubernur Serahkan Bonus SEA Games Bagi Atlet Papua

Bams

PERPANI Papua Sambut Kedatangan Peraih Dua Medali Emas Sea Games Vietnam di Bumi Cendrawasih

Bams

Perbakin Bidik Atlet Muda Papua Diproyeksi Ikut PON 2024

Bams

Yermias Bisai Pimpin PASI Papua Periode 2021-2025

Bams

Musprov KONI Papua Digelar 19-20 Mei 2022

Bams