Pasific Pos.com
Headline

Terpilih Jadi Ketua KONI, Kenius Kogoya Siap Pertahankan Prestasi Papua di PON 2024

Ketua Umum KONI Papua periode 2022-2026, Kenius Kogoya,SP,M.Si diwawancari wartawan didampingi ketua tim pemenangan, Buce Hukunala

JAYAPURA,- Kenius Kogoya terpilih menjadi Ketua Umum KONI Papua. Kenius terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Papua yang berlangsung di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Selasa (14/6/2022).

Musroprov KONI Papua menetapkan Kenius Kogoya,SP,M.Si sebagai Ketua Umum KONI Papua periode 2022-2026. Pimpinan Sidang Musorprov KONI Papua, George Weyasu,SH mengesahkan Kenius Kogoya sebagai Ketua Umum KONI Papua, setelah dipilih secara aklamasi oleh KONI Kabupaten Kota se-Papua dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) Pemilik Hak Suara.

Kenius Kogoya dalam visinya dihadapan peserta Musorprov menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus KONI kabupatan/kota dan Pengprov Cabor yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin KONI empat tahun kedepan.

Secara khusus, Kenius menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP,MH yang juga Ketua Umum KONI Papua periode 2017-2021 atas perhatian dan dukungnya dalam pembinaan olahraga di Papua.

“Pondasi dasar pembinaan olahraga yang telah diletakkan akan kita lanjutkan untuk meningkatkan prestasi dimasa depan. Terima kasih atas dukungan kepada saya,”tuturnya.

Dia menegaskan pembinaan olahraga prestasi di Papua sangat berat. Oleh karena itu diperlukan sinergi antara KONI, Pengprov Cabor dan Pemerintah.

“Mengurus olahraga membutuhkan pemikiran-pemikiran yang konstruktif untuk pembinaan prestasi di Papua. oleh karena itu tanggung jawab sangat berat. Saya membutuhkan dukungan dari bapak ibu untuk sama kita membangun olahraga dan memasyaratkan olahraga di Provinsi Papua,”ujarnya.

KONI Papua, lanjut Kenius, akan mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) Keolahragaan atau Pembinaan Prestasi Olahraga. “Dengan Perda ini, maka seluruh pembinaan olahraga di kabupaten,kota dan provinsi bisa dibiayai dengan anggaran yang memadai. Sehingga siapapun pemimpin di daerah wajib memperhatikan pembinaan olahraga sebagai sektor prioritas dalam pembinaan generasi muda Papua,”paparnya.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Provinsi Papua, Benny Jensenem,SE didampingi anggota tim, Hengky F Sawaki,Willem D Karetji, Hans Bisay dan Johnny Wonda dihadapan peserta Musorprov melaporkan hasil penjaringan sebagai berikut, bahwa hingga pendaftaran calon ketua umum KONI Papua yang dibuka sejak tanggal 31 Mei 2022 hingga 1 Juni 2022 hanya terdapat dua nama bakal calon yang mendaftar yakni Decky Kayame dan Kenius Kogoya.

Setelah dilakukan verifikasi dan validasi dukungan kepada para calon, kata Benny, Tim Penjaringan dan Penyaringan memutuskan hanya satu orang yang berkasnya memenuhi syarat dan lolos sebagai calon tunggal Ketua Umum KONI Provinsi Papua atas nama Kenius Kogoya,SP,M.Si.

Pendaftaran bakal calon ketua umum KONI Papua dibuka sejak tanggal 31 Mei 2022 hingga 01 Juni 2022 pukul 17.00 WIT.

“Pendaftaran dibuka sejak tanggal 31 Mei 2022 hingga 1 Juni 2022. Hanya dua bakal calon yang mendaftar yakni atas nama Decky Kayame dan Kenius Kogoya. Dan setelah tim penjaringan melakukan verifikasi dan validasi, hasilnya satu calon yang lolos yakni Kenius Kogoya,”ungkap Jensenem.

Kenius Kogoya dinyatakan lolos dengan mengantongi dukungan dari 15 KONI Kabupaten diantaranya KONI Kabupaten Asmat, Merauke, Tolikara, Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Keerom,Deiyai, Intan Jaya, Mimika, Sarmi, Mappi, Pegunungan Bintang Yahukimo dan Kabupaten Jayapura.

Sedangkan 25 Pengprov yakni Pengprov FOPI, PELTI, FASI, POSSI, PERTINA, IPSI, MUAYTHAI,PERCASI,PERSAMBI,ISSI,POBSI,PABBSI,PERSI,PERKEMI,PORLASI, SIWO PWI, KODRAT,PBVI,RUGBY,TGI,PDB, PERSEROSI, PODSI dan PCI.

Usai terpilih sebagai Ketua Umum KONI Papua, Kenius mengatakan bertekad membawa olahraga Papua untuk berprestasi lebih baik.

Oleh karena itu, Kenius mohon dukungan dari semua stakeholder untuk sama-sama menata olahraga Papua kedepan.

“Tantangan didepan mata adalah kesiapan Papua menuju PON XXI di Provinsi Aceh-Sumatera Utara. Dimana, prestasi Papua di PON XX harus bisa dipertahankan. Target prestasi kita di PON XXI harus tetap berada di posisi lima besar,” tegasnya.

Artikel Terkait

Marciano Norman: Manfaatkan Venue Eks PON agar Papua Sukses sebagai Provinsi Olahraga

Bams

Buka Musorprov Koni, Gubernur Serahkan Bonus SEA Games Bagi Atlet Papua

Bams

PERPANI Papua Sambut Kedatangan Peraih Dua Medali Emas Sea Games Vietnam di Bumi Cendrawasih

Bams

Perbakin Bidik Atlet Muda Papua Diproyeksi Ikut PON 2024

Bams

Yermias Bisai Pimpin PASI Papua Periode 2021-2025

Bams

Musprov KONI Papua Digelar 19-20 Mei 2022

Bams

SEA Games Honai, Kenius Kogoya: Atlet Papua Dituntut Buktikan bukan Jago Kandang

Bams

Rakerprov, Ajang Evaluasi dan Persiapan Menuju PON Aceh-Sumut

Bams

PCI Papua Pekenalkan Cricket ke Sekolah

Bams