Pasific Pos.com
Headline

Marciano Norman: Manfaatkan Venue Eks PON agar Papua Sukses sebagai Provinsi Olahraga

Jayapura – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman menghadiri Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua.

Musorprov KONI Papua dibuka oleh Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Sasana Krida, Kantor Gubernur, Kota Jayapura, Senin (13/6) malam.

Kehadiran Ketum KONI Pusat pada Musorprov KONI Papua yakni sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Papua yang telah sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021.

“Sebagai bentuk apresiasi, rasa bangga, dan terima kasih, saya Ketua Umum KONI Pusat, mewakili 33 provinsi di seluruh Indonesia, mewakili 72 cabang olahraga, dan 6 organisasi fungsional hadir di sini, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Umum KONI Papua sekaligus Gubernur dan juga Ketua PB.PON XX/2021 Papua yaitu Bapak Lukas Enembe,” ujar Marciano Norman.

Pelaksanaan PON XX sangat diapresiasi karena digelar di kondisi sulit Pandemi Covid-19 namun dapat terselenggara dengan sukses. “Bicara PON XX/2021, dinamikanya sangat tinggi karena PON XX ini digelar pada kondisi Covid-19,” sambung Ketum KONI Pusat bangga dengan Papua.

Opening Ceremony juga dipuji Ketum KONI Pusat, bahkan jauh lebih baik ketimbang opening ceremony SEA Games Vietnam jika dibandingkan. “Itu PON yang pembukaannya sekelas Asian Games,” puji Marciano.

Ketum KONI Pusat menekankan agar kesuksesan PON XX/2021 tidak berakhir begitu saja, namun warisannya berupa venue olahraga harus dimanfaatkan agar kembali membuat kesuksesan dalam mengantar atlet meraih prestasinya.

“Sekarang yang harus kita pikirkan setelah PON selesai, apa yang akan kita kerjakan. Oleh karena itu, Musorprov menjadi sangat penting dalam menentukan,” kata Ketum KONI Pusat berharap Musorprov menghasilkan keputusan strategis, terutama sebagaimana arahan Gubernur Papua terkait menjadikan Papua ‘Provinsi Olahraga’ Pemusatan latihan nasional untuk beberapa cabang olahraga bisa dilakukan di Papua karena aset itu adalah aset yang berharga,” lanjut Ketum KONI Pusat.

Artikel Terkait

Terpilih Jadi Ketua KONI, Kenius Kogoya Siap Pertahankan Prestasi Papua di PON 2024

Bams

Buka Musorprov Koni, Gubernur Serahkan Bonus SEA Games Bagi Atlet Papua

Bams

PERPANI Papua Sambut Kedatangan Peraih Dua Medali Emas Sea Games Vietnam di Bumi Cendrawasih

Bams

Perbakin Bidik Atlet Muda Papua Diproyeksi Ikut PON 2024

Bams

Yermias Bisai Pimpin PASI Papua Periode 2021-2025

Bams

Musprov KONI Papua Digelar 19-20 Mei 2022

Bams

SEA Games Honai, Kenius Kogoya: Atlet Papua Dituntut Buktikan bukan Jago Kandang

Bams

Rakerprov, Ajang Evaluasi dan Persiapan Menuju PON Aceh-Sumut

Bams

PCI Papua Pekenalkan Cricket ke Sekolah

Bams