Pasific Pos.com
Olahraga

Pansus PON XX DPR Papua Kunker ke Venue

Jayapura – Panitia Khusus (Pansus) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 DPR Papua melakukan kunjungan kerja ke venue tempat pertandingan 37 cabang olahraga di Kota dan Kabupaten Jayapura, Kamis (03/12/2020).

Kunker Pansus PON di pimpin langsung Ketua DPR Papua Jhoni Banua Rouw, didampingi Wakil Ketua Yunus Wonda dan anggota DPR Papua lainnya untuk mengecek peralatan bertanding maupun fasilitas pendukung venue pada saat perhelatan event olahraga empat tahunan itu.

Wakil Ketua DPR Papua Yunus Wonda ketika di konfirmasi, mengatakan bahwa kunjungan terlebih dahulu dilakukan di venue menembak indoor berlokasi di kawasan Stadion Lukas Enembe.

“Tadi kita Pansus PON lakukan kunker, terutama di venue menembak untuk mengecek peralatan menembak yang sudah tiba bersama dengan Ketua DPR yang juga Ketua Pengprov Perbakin Papua,” kata Yunus Wonda.

Dikatakan, peralatan menembak lebih dulu sudah tiba di Jayapura, dimana untuk peralatan menembak membutuhkan waktu hampir 6 bulan lamanya untuk didatangkan. Apalagi peralatan menembak didatangkan oleh Panitia Besar (PB) PON XX Papua dari luar negeri yakni Swiss dan Francis.

“Peralatan menembak semua dari luar negeri, karena peralatan itu merupakan standar Internasional dan berdasarkan TD dari cabor menembak, sekaligus pak Ketua DPR Papua sendiri hadir dan memastikan peralatan itu dipasang dan siap untuk dipertandingkan,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat Ketua Harian PB PON XX Papua ini menjelaskan bahwa pengerjaan infrastruktur venue dikerjakan oleh Pemprov Papua dalam hal ini Disorda Papua, maupun ada yang dikerjakan juga oleh Kementerian terkait berdasarkan Instruksi Presiden.

Selain itu fasilitas pendukung venue menjadi tanggung jawab dari PB PON Papua. “Pansus tadi turun untuk lihat seluruh venue dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan venue dan kami sudah sampaikan beban kerja dan tupoksi dari pekerjaan untuk sukseskan PON dan Peparnas Papua ini,” ungkapnya.

Ditambahkan bahwa peralatan bertanding saat ini sudah memasuki proses lelang, namun lebih memprioritaskan kepada pembelian peralatan yang berada diluar negeri. “Karena situasi covid-19 ini kami sulit untuk cepat mendatangkan peralatan dari luar negeri baik dari penerbangan, dan lainnya, contoh perbakin saja butuh 6 bulan untuk tiba di Papua sini,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Kementerian PUPR Siap Diserahkan Empat Venue PON ke Pemda Papua

Bams

Bulan Depan, Empat Venue APBN Diserahkan ke Provinsi Papua

Bams

Venue Futsal di Mimika yang Rusak Diperbaiki

Bams

12 Venue PON XX Rampung Direnovasi

Bams

4 Venue PON XX Dibangun Januari 2021

Bams

Pemprov Papua Gelar Pelatihan Tenaga Teknis Pengoprasional dan Perawatan Venue PON XX

Bams

Akses Jalan Masuk ke Venue Kriket dan Hoky PON XX Dipalang

Bams

Technical Delegate Cabor Air Pantau Lokasi Pertandingan PON XX

Bams

Gubernur Resmikan 9 Venue PON Senilai Rp 2 Triliun Lebih

Bams