Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Biaya Perawatan Venue PON Papua Rp 85 Miliar per Tahun

Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua bekerjsama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menghitung biaya pemeliharaan dan perawatan venue PON yang sudah dibangun.

Total biaya pemeliharaan dan perawatan venue PON yang dibangun menggunakan APBD maupun APBN menembus angka 85 milyar per tahun. “Biaya perawatan venue yang dibangun baru atau renovasi per tahun itu totalnya Rp 85 milyar,” kata Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa kepada pers di Jayapura, Senin (15/2/2021).

Menurut Alex, dengan besaran angka tersebut, Dinas Olahraga dan Pemuda akan membuat perencanaannya. Namun, biaya pemeliharaan yang paling besar itu Stadion Lukas Enembe dan Aquatic.

Jadi, biaya perawatan terbesar itu ada di Stadion Lukas Enembe dan kolam renang (aquatic) di Kampung Harapan, Sentani,” katanya.

Alex mengatakan, total venue yang akan menjadi tanggung jawab atau aset pemerintah daerah dikemudian hari untuk dirawat ada 12 venue.

Untuk itu, pihaknya juga sedang kajian untuk membuat kalender olahraga sehingga ada event-event tetap dalam rangka pemanfaatan venue-venue pasca PON.

“Paling tidak kita punya kalender olahraga tetap terhadap venue-venue yang sudah kita bangun setelah pelaksanaan PON,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) PON XX Papua 2021, Kamasan Jack Komboy venue-venue yang ada harus di perdakan agar ada anggaran setiap tahunnya untuk biaya pemeliharaan serta harus sering menyelenggarakan event di Papua.

Selain itu ia juga berharap pihak Pemprov membangun komunikasi dengan pihak swasta terkait biaya perawatan pasca PON.

“Kita berharap sekarang perannya Pemprov untuk membangun komunikasi dengan pihak-pihak swasta yang ada ditanah Papua sehingga ada sumbangsi untuk biaya perawatan. Saya juga harap bisa ada event pasca PON meskipun biayanya belum tentu bisa menutupi biaya perawatan,” tutupnya.

Artikel Terkait

Presiden Jokowi : Rawat dan Manfaatkan Venue PON dengan Baik

Bams

PB PON Bersama DPR Papua Cek Kesiapan Venue

Bams

Venue Basket dan Atletik di MSC Siap Digunakan Untuk PON XX

Bams

Atlet Papua Belum Bisa Latihan di Venue PON

Bams

Aziz Syamsudin : Venue Kriket PON XX Perlu Banyak Pembenahan

Bams

Kunjungi Venue, TD Softball dan Baseball TD Berikan Rekomendasi

Bams

Jefri Abel : Venue Sepatu Roda PON Berstandar Internasional

Bams

Kementerian PUPR Siap Diserahkan Empat Venue PON ke Pemda Papua

Bams

Bulan Depan, Empat Venue APBN Diserahkan ke Provinsi Papua

Bams