Pasific Pos.com
Papua Selatan

Jumlah UMI Meningkat

Welmy-Nahuway
Kepala Kantor Pegadaian Cabang Merauke, Welmy Nahuway (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Kantor Pegadaian Cabang Merauke, Welmy Nahuway mengemukakan bahwa Pegadaian juga memberikan dukungan kepada UMKM melalui program yang disebut Kreasi, merupakan kredit angsuran bulanan untuk pengembangan UMKM. Terdiri dari Kreasi Reguler, Multiguna dan UMI. Khusus untuk Multiguna mencakup BUMN, BUMD, PNS TNI dan Polri sedangkan UMI serupa dengan program KUR di dunia perbankan.

“Kalau di Pegadaian kita sebut dengan Ultra Mikro (UMI), jadi kecil sekali sehingga nasabah bisa ambil sampai 10 juta. Memang bunganya yang sangat kecil membuat nasabah tertarik,”ujar Welmy di ruang kerjanya belum lama ini. Welmy menjelaskan, selama 3 bulan terakhir jumlah UMI sangat banyak jika dibandingkan dengan yang reguler dimana pinjaman bisa mencapai lebih dari 10 juta.

Nasabah yang memiliki kendaraan roda dua masih mendominasi selama 3 bulan dan ini menunjukkan nasabah dari kalangan UMKM memang cukup besar. Selama masa pandemi pihaknya juga gencar melakukan penyortiran kepada seluruh nasabah sehingga hanya yang benar-benar mengalami krisis keuangan saja yang diberikan kelonggaran dalam pelunasan angsuran.

Mengenai persyaratan sama dengan kredit mikro yang lain, seperti KK bagi yang sudah berkeluarga, KTP suami istri, pasfoto, Surat Ijin Usaha (SIU) dan minimal nasabah sudah menjalankan usahanya selama setahun. Pihaknya akan menugaskan tim mikro untuk melakukan survey ke tempat usaha nasabah yang terdiri dari kepala unit mikro, tim surveyor dan tim sales profesional. (Istya Sari Utami)**

Artikel Terkait

Agus Irianto: Kuota Dibatasi Agar Maksimal

Afrans

Ilham Lubis: Shalat Ied Lancar, Jamaah Patuhi Prokes

Afrans

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

GMKI Mengajar, Dampingi Generasi Emas Papua

Afrans

Serahkan Bantuan Sembako, Danlantamal: Bentuk Kepedulian Sosial Bagi Prajurit

Afrans

Pasang Baru Listrik Dermaga Macan Tutul Satrol Lantamal Diresmikan

Afrans

Gelar Sidak, Polsek Onggaya Temukan Barang Kadaluarsa

Afrans

Kedekatan Dandim Merauke Saat Bagikan Takjil Kepada Warga

Afrans

Gelar Sidak, Polsek Onggaya Temukan Barang Kadaluarsa

Afrans