Pasific Pos.com
Papua Selatan

Jumlah UMI Meningkat

Welmy-Nahuway
Kepala Kantor Pegadaian Cabang Merauke, Welmy Nahuway (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Kantor Pegadaian Cabang Merauke, Welmy Nahuway mengemukakan bahwa Pegadaian juga memberikan dukungan kepada UMKM melalui program yang disebut Kreasi, merupakan kredit angsuran bulanan untuk pengembangan UMKM. Terdiri dari Kreasi Reguler, Multiguna dan UMI. Khusus untuk Multiguna mencakup BUMN, BUMD, PNS TNI dan Polri sedangkan UMI serupa dengan program KUR di dunia perbankan.

“Kalau di Pegadaian kita sebut dengan Ultra Mikro (UMI), jadi kecil sekali sehingga nasabah bisa ambil sampai 10 juta. Memang bunganya yang sangat kecil membuat nasabah tertarik,”ujar Welmy di ruang kerjanya belum lama ini. Welmy menjelaskan, selama 3 bulan terakhir jumlah UMI sangat banyak jika dibandingkan dengan yang reguler dimana pinjaman bisa mencapai lebih dari 10 juta.

Nasabah yang memiliki kendaraan roda dua masih mendominasi selama 3 bulan dan ini menunjukkan nasabah dari kalangan UMKM memang cukup besar. Selama masa pandemi pihaknya juga gencar melakukan penyortiran kepada seluruh nasabah sehingga hanya yang benar-benar mengalami krisis keuangan saja yang diberikan kelonggaran dalam pelunasan angsuran.

Mengenai persyaratan sama dengan kredit mikro yang lain, seperti KK bagi yang sudah berkeluarga, KTP suami istri, pasfoto, Surat Ijin Usaha (SIU) dan minimal nasabah sudah menjalankan usahanya selama setahun. Pihaknya akan menugaskan tim mikro untuk melakukan survey ke tempat usaha nasabah yang terdiri dari kepala unit mikro, tim surveyor dan tim sales profesional. (Istya Sari Utami)**

Artikel Terkait

TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Maritim Di Perbatasan Timur Indonesia

Arafura News

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

Arafura News

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News

Efraim: Misa Masih Berjalan Normal

Arafura News