Pasific Pos.com
Info Papua

Ini Beberapa Hal Yang menjadi Sorotan Fraksi Amanat Bersama

DPRD02
Plh Bupati Waropen Melianus Aiwui dan Ketua Fraksi Amanat Bersama Abbas Umar Sesaat meninggalkan ruang sidang DPRD Waropen.

WAROPEN-Perputaran uang yang kurang lancar, daya beli masyarakat yang menurun, gairah pasar yang lesu, keluhan pelaku ekonomi lainnya dibidang pertanian, kehutanan dan perikanan, adalah bukti dari menurunnya angka Pertumbuhan PDRB di Kabupaten Waropen, selama dua tahun terakhir ini.

Hal ini menjadi sorotan dari Fraksi Amanat Bersama yang dibacakan oleh Abbas Umar, dalam pidato saat menyampaikan pendapat umum fraksinya pada sidang lanjutan Paripurna III Terhadap Rancangan KUA-PPAS di Ruang Sidang DPRD Waropen, Selasa (9/3/2021).

Selain mengamati roda perputaran uang, Fraksi ini juga meminta kepada Pemerintah Daerah untuk menyediakan sarana air bersih kepada masyarakat. Terlebih Waropen yang banyak dikelilingi oleh sungai-sungai besar, dan kategori air tergolong baik.

Dia juga mengkritisi Dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA), dimana didalamnya terdapat angka devisit yang cukup besar, jika dihapkan dengan kondisi belanja yang lebih besar dari pendapatan.

Untuk mengurangi devisit kata Abbas Umar, lebih baik untuk dilakukan sinkronisasi dan menghapus atau mengurangi belanja yang tidak menyentuh langsung kepada masyarakat.

Fraksi ini menyarankan solusi agar sejumlah anggaran pada pos-pos seperti belanja tak terduga, sejumlah dana hibah, belanja modal peralatan dan mesin, dapat ditekan. (il/af)

Artikel Terkait

Wabub Akan Kontrol Disiplin ASN

Afrans

Anak Muda Waropen Daftar Calon Bintara Noken Polri

Afrans

Tahap Pertama DD 8 Persen di Waropen Sudah Masuk ke Rekening Kampung

Afrans

33 Penjabat KPK Yang Dilantik Ditunda

Afrans

Tutup Musrenbang RKPD 2022, Ini Pesan Bupati Waropen

Afrans

Musrenbangda RKPD 2022 Hasilkan 661 Program dan 397 Kegiatan

Afrans

Rencanakan Program Prioritas Pembangunan Daerah Yang Diunggulkan

Afrans

Bappeda Waropen Gelar Forum OPD

Afrans

per 30 Maret 2021, 550 Orang Telah Divaksinasi Covid-19 di Waropen

Afrans