Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Penyampaian Materi LKPJ Bupati Waropen Tahun 2020

Pelaksanaan Rapat Paripurna VI Tahun Sidang 2021, di Ruang Rapat DPRD Waropen, Senin (6/12/21)

WAROPEN-Bupati melalui Wakilnya Lamek Maniagasi,SE Menyampaikan Laporan Keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Waropen Tahun 2020 pada rapat paripurna VI DPRD Tahun sidang 2021 di ruang Paripurna, Senin (06/12/2021).

Penyampaian LKPJ Bupati Waropen tahun 2020, merupakan amanat Konstitusional Kepala Daerah Kepada DPRD, Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintan nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri dalam negeri Nomo 18 Tahun 2020 tentang pelaksanaan dari peraturan Pemerintan nomor 13 tahun 2019.

Wakil Ketua II DPRD Waropen Anthonius Rumboisano saat menyampaikan Pidato Ketua DPRD menyebutkan bahwa Materi LKPJ merupakan dokumen keterangan kinerja kepala daerah yang disampaikan kepada DPRD dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

LKPJ Kepala Daerah dapat menjelaskan kinerja secara utuh di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD/OPD dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dengan muatan pembahan arah kebijakan umum, pengelolaan keuangan, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Menurutnya, Raperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang akan dibahas, ini memuat laporan realisasi keuangan daerah tahun anggaran 2020, yang dilakukan dengan standar akuntabilitas pemerintahan.

Selain itu, perlu memperhatikan rekomendasi BPK sehingga ke depannya bisa mendapatkan tanggapan BPK yang memuaskan dari sisi pengelolaan dan penatausahaan keuangan.

Diharapkan, Fraksi Dewan dan alat kelengkapan dewan membangun kerja sama dengan pihak eksekutif dalam pembahasan selanjutnya terkait materi LKPJ Bupati TA 2020, Materi Raperda tentang LPP-APBD TA 2020 serta Materi LHP-BPK.

Kesempatan itu Pimpinan Dewan menyampaikan Apresiasi kepada pihak pemerintah daerah yang telah menyiapkan dan menyampaikan materi LKPJ Bupati dan materi Raperda tentang LPP-APBD 2020.

Dalam Rapat tersebut dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Waropen Lamek Maniagasi, SE, Kapolres Waropen AKBP Naharuddin, Danrawil 1709-03 Waropen bawa Mayor Inf Gunawan dan para pimpinan OPD.

Artikel Terkait

Sejumlah Masyarakat Lakukan Aksi Audiensi ke DPRD Waropen

Afrans

Fraksi – Fraksi DPRD Waropen Setujui Raperda APBD TA 2021

Afrans

KUA dan PPAS Waropen Ditetapkan

Afrans

Pemda Akan Lakukan Rasionalisasi Anggaran

Afrans

Ini Beberapa Hal Yang menjadi Sorotan Fraksi Amanat Bersama

Afrans

Rancangan KUA-PPAS Devisit, Fraksi Golkar Dorong Rasionalisasi Anggaran

Afrans

Ini Pandangan Umum Fraksi Waropen Bersatu, Sarankan Peningkatan Infrastuktur Dasar

Afrans

DPRD Waropen Ingatkan Pemda Lakukan Evaluasi dan Tindaklanjuti LHP BPK

Afrans

DPRD Waropen Gelar Paripurna Raperda PP APBD 2019

Afrans