Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Ingin Mengabdi dan Mewujudkan Pembangunan Daerah di Sektor Pertanian, Mantan Kadis TPH Maju Caleg

Mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M.

 

 

Sentani – Setelah purna tugas dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., memantapkan diri maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Jayapura.

Adolf Yoku maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk daerah pemilihan (Dapil) II Jayapura meliputi Kelurahan Hinekombe dan Dobonsolo, Kampung Yoboi, Kehiran, Ifale, Hobong, Yobeh dan Ifar Besar.

Adolf Yoku menjadi Kepala Dinas TPH pada era Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. Adolf juga saat ini dipercayakan sebagai Ketua Ikatan Alumni SPP-SPMA Manokwari.

Saat ditemui di Kota Sentani, Adolf Yoku mengatakan saat ini dirinya sudah siap maju dan bertarung pada Pileg 2024 mendatang.

Sementara untuk perahu yang ia gunakan saat ini adalah PKS. Alasannya, Sebab menurut pria yang akrab disapa Adolof, PKS merupakan pilihan tepat baginya dalam meniti karir politik.

“Saya memilih Partai Keadilan Sejahtera atau PKS ini kalau boleh dibilang partai yang secara nasional itu tidak hanya untuk satu organisasi keagamaan saja. Tetapi, partai ini merekrut semua denominasi atau kalangan,” ungkap Adolof, Senin (13/11/2023).

Tak hanya itu, tata kerja dari PKS ini dinilai sangat bagus, tertib dan juga rapih, serta kadernya sangat militan.

“Jadi, bukan saya yang memilih PKS ini. Tetapi sebenarnya, sebelum itukan saya ada pilihan-pilihan partai lain seperti NasDem atau PKB. Namun karena ketua PKS Kabupaten Jayapura Ainur Rofiq yang langsung bertandang ke tempat saya, maka itu saya menghargai kedatangan beliau yang bertanya tentang kegiatan saya pasca pensiun dari ASN,” katanya.

Selain itu, saat didatangi oleh Ketua PKS Kabupaten Jayapura, ia ditanyakan tentang kegiatan atau kerja-kerja apa saja yang dilakukan setelah pensiun dari ASN.

“Sehingga saya jawab masih terus eksis untuk melayani para petani, karena saya memang seorang ahli pertanian dan latarbelakang saya juga memang dari petani. Bahkan, sekolah saya dari pertanian yang saya ikuti semua jenjangnya, baik di dalam maupun luar negeri. Lebih banyak berkecimpung di bidang pertanian,” akunya.

“Pada kesempatan itu, pak ketua langsung menawarkan saya untuk masuk PKS sebagai (bakal) caleg. Sehingga saya pun langsung menjawab sangat siap,” sambungnya.

Adolf pun mengaku punya alasan tersendiri mengapa bergabung dengan PKS. Menurut dia, PKS merupakan partai yang masih bisa bertahan dari tarik menarik banyak kepentingan.

“Partai ini menurut saya masih belum terlalu banyak kepentingan. Terus partai ini banyak mempunyai kader maupun simpatisan yang militan,” nilainya.

Adolf Yoku juga mengaku maju melalui PKS untuk dari Dapil II Jayapura, Kelurahan Hinekombe dan Kelurahan Dobonsolo, Kampung Yoboi, Kehiran, Ifale, Hobong, Yobeh dan Farbes. Alasan maju DPRD Kabupaten Jayapura karena adanya dorongan dari masyarakat khususnya petani dan kawan-kawan pengurus di PKS Kabupaten Jayapura untuk memfasilitasinya.

“Karena dorongan itu kemudian saya berkomitmen untuk maju, mereka meminta saya untuk tetap aktif di pemerintah dengan cara berbeda yaitu di legislatif. Selain itu, saya masih punya pekerjaan rumah (PR) yang belum dituntaskan dalam bidang pertanian di daerah ini. Kalau saya ada di DPRD Kabupaten Jayapura, maka semua petani yang ada di 19 distrik ini saya masih punya waktu untuk mendatangi mereka. Karena tugas saya untuk mengurusi para petani di distrik maupun kampung di daerah ini,” ujarnya.

Ia mengatakan motivasi maju bukanlah untuk mengejar finansial dan ekonomi atau masalah eksistensi diri, karena baginya masalah itu sudah selesai. Namun, ia maju semata-mata ingin memberikan kontribusi kongkrit terkait pembangunan khususnya pertanian di Kabupaten Jayapura kedepan.

“Karena petani di Kabupaten Jayapura dari kacamata saya sebagai seorang mantan Kepala Dinas Pertanian (TPH) itu belum menuju ke petani yang mandiri dan sejahtera. Jadi, saya dapat katakan lewat PKS inilah partai yang peduli dengan masyarakat dan partai milik kita bersama,” katanya.

“Intinya saya Ingin mengabdi di pemerintahan dengan jalur yang berbeda, dengan apa yang saya miliki bisa bermafaat bagi Bumi Khenambay Umbay. Artinya, saya ingin memberikan kontribusi pikiran dan tenaga saya melalui parlemen menuju petani Kabupaten Jayapura yang mandiri dan sejahtera,” tambahnya.

Pria yang juga Ketua KTNA Kabupaten Jayapura ini pun bakal berusaha dan berupaya agar dapat meraih suara untuk lolos ke kursi parlemen, apalagi dirinya sudah ditetapkan sebagai daftar caleg tetap atau DCT. Karena itu, dirinya meminta doa dan dukungan dari masyarakat Bumi Khenambay Umbay.

“Saya berkomitmen meningkatkan pendapatan ekonomi dari para petani di daerah ini. Padahal pertanian ini sangat menjanjikan, karena Indonesia ini adalah negara agraris atau pertanian yang sangat menjanjikan. Saya mau berjuang untuk bagaimana agar ekonomi masyarakat bisa meningkat,” ujar Alumni SPP-SPMA Manokwari yang fasih berbahasa Jepang ini.

 

Artikel Terkait

Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Berkibar Megah di Bukit Tungkiwiri

Jems

Peringati HUT RI, Kodam XVII/Cenderawasih Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

Jems

APS Umumkan Hasil Seleksi Bakal Calon Wakil Bupati Jayapura Emas Tahap II

Jems

Puncak Perayaan HUT ke- 96 Masuknya Injil di Ohey Yokhobha, Pdt Renhad: Injil Telah Merubah Tatanan Kehidupan Masyarakat

Jems

Berdoa untuk Kelancaran Pemilukada Damai, 7000 Umat Kristiani Ikuti KKR Polda Papua

Jems

Tutup FDS Ke- XIV, Walilo Sebut Dukungan Semua Pihak Hingga Apresiasi Pemkab Jayapura

Jems

Jemaat GKI Sentani Timur Lakukan Seminar Sejarah Masuknya Injil di Ohey Yokhobha

Jems

Puslitbang Polri Evaluasi Penggunaan Fixed Phone di Polres Jayapura

Jems

Bersama Tim Datangi DPC Demokrat, Ted Yones Mokay Ambil Form Formulir Pendaftaran

Jems

Leave a Comment