Pasific Pos.com
Papua Barat

Gubernur Yakin 9 Mahasiswa Asal Papua Barat yang Ada di Wuhan Aman

Manokwari, TP – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan mengaku yakin bawah 9 warganya asal Sorong Papua Barat yang sedang menempuh pendidikan di Wuhan Cina bebas dari resiko penyebaran virus corona.

Mandacan mengatakan, 9 orang itu telah menjalani isolasi selama beberapa hari di Natuna. Dan, pemerintah pusat akan menanggung kepulangan mereka ke Indonesia. Sementara Pemprov Papua Barat, bertugas untuk memastikan bahwa ke 9 orang tersebut sampai di keluarganya masing-masing.

“Tidak ada alasan bagi ke 9 orang tersebut untuk mendapat penolakan dari warga karena ke 9 orang tersebut sudah menjalani pemeriksaan dari pusat dan mereka juga telah diidentifikasi bebas virus corona. Mereka pulang karena sudah dipastikan tidak terkena virus corona, mereka sudah lolos verifikasi di Natuna,” ucap Mandacan kepada wartawan di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (15/2).

Mandacan mengatakan, setelah kembali ke Indonesia mereka akan kembali ke Wuhan untuk melanjutkan studinya tergantung situasi dan kondisi di Wuhan.

Lebih lanjut Mandacan mengatakan, bahwa virus corona itu bisa disembuhkan. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi resiko penyebarannya, Ia berharap agar disiapkan pula persediaan obatnya di Papua Barat

Mandacan mengimbau, seluruh masyarakat tidak khawatir terhadap kembalinya 9 orang tersebut ke daerah asal, mengingat mereka sudah di jamin oleh Negara bahwa mereka semua sehat.

Mandacan menegaskan, untuk pengawasan di bandara maupun di pelabuhan sudah dilakukan meski dengan fasilitas dan sarana prasarana yang masih terbatas.

Sebagai upaya antisipasi, Mandacan meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) proaktif melakukan pengawasan, dan memantau penumpang yang datang dan masuk ke Papua Barat, baik melalui bandara maupun pelabuhan.

“Harus diperketat, dalam arti petugas yang berkaitan dengan medis dan karantina harus aktif memantau penumpang yang datang dan masuk ke Papua Barat. Sampai hari ini saya sudah pantau semua melalui Kepala Dinas kesehatan Provinsi Papua Barat untuk bisa berkoordinasi dengan pihak terkait. Kita harus berdoa sehingga kita bisa diselamatkan dari corona ini,” kata Mandacan. [AND-R3]

Artikel Terkait

Rusia Fasilitasi Beasiswa Bagi OAP

Bams

Fraksi Gerindra DPR Papua Serahkan Bantuan Bama Kepada Dua Asrama Mahasiswa

Tiara

Yorrys Raweyai Salurkan Bantuan Sembako Untuk Mahasiswa Papua di Provinsi Aceh

Pasific Pos

Komisi IV DPR Papua, Bantu Pulangkan Puluhan Mahasiswa Akper Nabire dari Jakarta

Tiara

Mahasiswa Asal Tolikara Terdampak Wabah Covid-19 Terima BLT

Bams

4 Pasien Positif Covid di Keerom Sembuh

Bams

Dua Petugas Kesehatan di Kota Jayapura Terpapar Covid-19

Bams

Bertambah Lagi, Kasus Positif Corona di Papua Jadi 619 Orang

Bams

Angka Positif di Papua Jadi 568 Kasus, 18 Orang Sembuh

Bams