Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Rusia Fasilitasi Beasiswa Bagi OAP

Rusia Fasilitasi Beasiswa Bagi OAP

JAKARTA- Pemerintah Rusia memberikan beasiswa bagi pelajar Orang Asli Papua (OAP) dan siap memfasilitasi mereka melanjutkan studi untuk peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang farmasi, penelitian dan laboratorium.

Hal itu dikemukakan Vitaly Glinkin, Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia saat pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng dan Elius Enembe,S.Kep.MM, Kepala Bidang Pengembangan SDM Affirmasi BPSDM Papua, Kamis (10/9/2020), di Kantor Kedutaan Besar Rusia Jakarta,

“Kita berharap kerjasama Pemerintah Rusia dan Pemerintah Provinsi Papua dapat memfasilitasi putra-putri Papua melanjutkan studi dan penelitian di bidang Farmasi dan Laboratorium sehingga mereka dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk membuat vaksin yang dibutuhkan dunia,”ungkap Vitaly.

Glinkin mengatakan kerjasama pendidikan dan pengembangan SDM antara Pemerintah Rusia dan Pemprov Papua berlangsung sangat baik. Semenjak tahun 2016 hingga 2019, Pemerintah Rusia memberikan beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa Papua untuk melanjutkan studi di negara berjuluk Beruang Merah itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Papua yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik anak-anak Papua di Rusia. Saya berkeinginan berjumpa langsung dengan bapak gubernur dan wakil gubernur di Jayapura Papua,”ujarnya.

Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.M.Eng atas nama gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH dan Klemen Tinal,SE.MM menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Rusia yang komitmen membantun pengembangan SDM asli Papua.

“Bapak gubernur dan wakil gubernur Papua menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Rusia yang menerima dan memberikan kepercayaan kepada anak-anak asli Papua melanjutkan kuliah di Rusia,”ujarnya.

Aryoko mengaku, Gubernur Dan Wakil Gubernur Papua terima kasih kepada Pemerintah Rusia yang telah menyalurkan bantuan beasiswa bagi pelajar mahasiswa OAP.

Tahun 2019, lanjut Kepala BPSDM, sebanyak 26 pelajar mahasiswa Papua dikirim ke Rusia dan 14 diantaranya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia. Dan tahun 2020 juga diberikan beasiswa kepada 10 pelajar mahasiswa OAP.

Artikel Terkait

Fraksi Gerindra DPR Papua Serahkan Bantuan Bama Kepada Dua Asrama Mahasiswa

Tiara

Yorrys Raweyai Salurkan Bantuan Sembako Untuk Mahasiswa Papua di Provinsi Aceh

Pasific Pos

Komisi IV DPR Papua, Bantu Pulangkan Puluhan Mahasiswa Akper Nabire dari Jakarta

Tiara

Mahasiswa Asal Tolikara Terdampak Wabah Covid-19 Terima BLT

Bams

Ketua Komisi V DPR Papua Geram, Pemkab Tolikara Belum Salurkan Bantuan ke Mahasiswa

Tiara

DPD dan Fraksi Demokrat Papua, Bagikan Sembako Kepada 17 Asrama Mahasiswa Papua

Tiara

Yunus Wonda Bantu Sembako Untuk 20 Asrama Mahasiswa/i Papua di Yogyakarta dan Bandung

Tiara

Tidak Punya Data Nama Mahasiswa di Luar Papua, Pemkab Tolikara Dianggap Aneh

Tiara

Waket I DPR Papua Kirimkan Bama Untuk Mahasiswa/i Papua se-Jabotabek

Tiara