Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Waket I DPRD Tolikara Siap Membackup Pelaksanaan Kongres HMPT ke-7

Waket I DPRD Tolikara, Yohan Wanimbo beserta Himpunan Mahasiswa Pelajar Tolikara (HMPT) saat menggelar Jump pers.

Jayapura – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolikara dan juga sebagai salah satu senior Himpunan Mahasiswa Pelajar Tolikara (HMPT), Yohan Wanimbo mengharapkan pelaksanaan Kongres Himpunan Mahasiswa Pelajar Tolikara (HMPT) yang ke- 7 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Namun pada kesempatan itu juga Yohan Wanimbo juga menyampaikan terimakasih kepada Panitia Kongres HMPT ke-7 yang telah menghadirkan dirinya sebagai senior dari Himpunan Mahasiswa Pelajar Tolikara.

“Kami hadir disini untuk memback up ade-ade mahasiswa Tolikara ini untuk menggelar kongres ke-7. Kami harap supaya dalan waktu dekat ini sudah bisa dilaksanakan sebelum Natal. Kami sebagai senior siap untuk memback up ade-ade untuk laksanakan kongres ini. Kami pun berharap kongres ini bisa berjalan lancar dan sukses,” kata Wakil Ketua I DPRD Tolikara, Yohan Wanimbo dalam keterangan persnya didampingi Panitia Kongres HPMT ke-7 di salah satu Caffe yang ada di Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (15/12).

Rencana kongres itu pun akan digelar pada pertengah bulan Desember 2020 atau sebelum Natal di Asrama Mahasiswa Tolikara di Waena, Kota Jayapura.

“Rencana pelaksanaan kongrenya sekitar tanggal 17-19. Jadi sebelum tanggal 15 Desember, kongres itu sudah harus dilaksanakan,”jelas Yohan Wanimbo yang juga sebagai donatur dari pelaksanaan Kongres HMPT ke -7 ini.

Legislator DPRD Tolikara ini pun berpesan kepada seluruh alumni HMPT, agar dapat membatu adik-adik mahasiswa Tolikara dengan menjadi donatur agar pelaksanaan kongres ini berjalan dengan sukses tanpa kekurangan.

“Disini juga saya berpesan kepada teman-teman senior alumni HMPT agar dapat mengambil bagian dengan menjadi donatur untuk memback up kegiatan adik-adik ini. Karena adik-adik kami ini adalah aset daerah di Kabupaten Tolikara setelah kita. Jadi saya harap sekali teman-teman senior lainnya bisa ikut membantu dan dapat menghadiri kongres HMPT ke-7 ini,” harapnya.

Selain itu, Yohan Wanimbo juga berharap agar organisasi yang sudah lama vakum ini bisa bangkit dan aktif kembali.

“Itupun atas kebersamaan senior-senior yang ada di Tolikara. Baik yang sudah jadi bupati, wakil bupati dan yang sudah menjadi kepala dinas, maupun yang sudah menjadi anggota DPR. Saya harap semua bisa ambil bagian dalam pelaksanaan kongres tersebut, karena adik-adik ini merupakan aset kami di Tolikara kedepan,”ujarnya.

Ketua Panitia Kongres HMPT ke-7, Jekiles Wanena mengatakan, hari ini kami telah melakukan diskusi dengan para senior dan juga salah satu alumni mahasiswa Tolikara di Kota Jayapura dalam hal ini kakak senior Yohan Wanimbo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Tolikara.

“Tadi beliau sudah menjelaskan tentang rencana kegiatan kami yaitu pada tanggal 15 Desember 2020 nanti kami akan menggelar pembukaan kongres,”

Diakui organisasi HMPT kota study se-Jayapura ini sudah lama vakum sejak tahun 2015 hingga saat ini. Namun kini HMPT ini akan bangkit dan diaktifkan kembali.

“Ini merupakan inisiatif dari beberapa teman-teman untuk membangkitkan kembali organisasi HMPT ini. Dengan mengadakan kegiatan positif

Nas Wandik sebagai Sekretaris Kongres HMPT ke-7 mengungkapkan, bahwa organisasi ini di bangun sudah lama vakum. Bahkan teman-teman kita yang ada di Kabupaten sudah belajar mengenai kepemimpinan.

“Untuk kegiatan besok, maka seluruh teman-teman mahasiswa Tolikara, mari kita bersatu dan bekerjasama untuk memback up supaya teman-teman dapat ikut untuk menyukseskan perhelatan kongres besar. Sekali lagi terimakasih kepada kakak-kakak senior yang berapa hari ini mau meluangkan waktu dan ikut berdiskusi. Selain itu juga telah memberikan pandangan dan ide. Sekali lagi terimakasih banyak kepada kakak-kakak senior alumni HMPT,” ucapnya.

Nas Wandik yang juga sebagai sekretaris panitia Kongres HMPT ke-7 ini pun berharap kepada seluruh alumni mahasiswa Tolikara yang ada di kota study Jayapura agar hatinya tergerak untuk ikut ambil bagian dalam memback up seluruh kegiatan pelaksanaan kongres nanti hingga selesai.

“Karena adik-adik tanpa bantuan dari kakak-kakak, kita tidak bisa melakukan itu semua. Jadi kami berharap dari kakak senior kami, bisa memback up kegiatan kami,”harapnya.

Pada kesempatan itu, Emenus Elam Lambe yang merupakan mahasiswa senior alumni dari Kabupaten Tolikara, Dilera Towolom atau yang mewakili seluruh mahasiswa menghimbau, kepada seluruh senior yang sudah bekerja sebagai eksekutif maupun legislatif agar dapat terlibat dalam pelaksanaan kongres tersebut.

Menurutnya, kongres ini sangat penting yang telah memproduksi semua intelektual yang ada di Kabupaten Tolikara.

Namun dirinya berharap agar keterlibatan dari para senior untuk sama-sama mendukung jalannya kegiatan kongres ini.

“Harapan saya kepada adik-adik panitia dan juga adik-adik mahasiswa dan mahasiswi Tolikara untuk sama-sama tekadkan fikiran, semangat dan satukan fikiran untuk sama-sama bagaimana jalankan kegiatan ini dalam rangka menyukseskan kongres HMPT tahun ini,” tutur Emenus Lambe atau yang akrab disapa Elam.

Hal senada dikatakan salah satu senior yang juga merupakan sebagai orang tua, dalam HMPT, Emi Enembe, bahwa adik-adik mahasiswa Tolikara ini merupakan modal pembangunan nasional. Sehingga menurutnya, pelaksanaan kongres ini sangat penting.

“Jadi siapapun harus mendukung. Karena tanpa mahasiswa siapa lagi yang kita andalkan untuk kedepan. Oleh karena itu, kegiatan apa pun silahkan lakukan selagi kegiatan itu positif. Jadi kalau ada kegiatan seperti ini ade-ade harus kasih tahu, karena kami ini adalah kakak-kakak kalian, kami juga pernah merasakan hal yang sama ketika jadi mahasiswa,” ungkapnya.

Untuk itu, sebagai senior dan orang tua, Emi Enembe menyarankan, adik-adik mahasiswa ini tahu akan tugasnya sehari-hari. Tidak boleh ikut hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Disini saya tegaskan, yang penting tugas kalian sebagai mahasiswa merupakan tulang punggung negara. Sehingga kami sebagai orang tua sangat mendukung. Kegiatan apa pun itu kami sangat mendukung yang penting jangan ikut-ikutan dengan yang lain. Yang melakukan prokontra kepada negara atau apa pun bentuknya, hal seperti itu jangan ditiru. Saya sebagai kakak senior dan sebagai orang tua kalian, harus mengingatkan kalian untuk melangkah ke hal yang baik dan tidak perlu ikut-ikut orang lain,” pesannya.

Perwakilan mahasiswa putri, Dilera Tolong yang juga sebagai mahasiswi Tolikara yang ada di Kota Study Jayapura mengatakan, kami dari perempuan mau menyampaikan bahwa banyak sekali ketertinggalan yang terjadi yang kami lihat.

“Pertama karena adanya ikatan-ikatan organisasi tetangga yang berdiri, sehingga banyak adik-adik dan teman-teman lainnya ikut terlibat dalam organisasi tersebut,” ucapnya.

Dilera menambahkan, mekanisme berjalannya organisasi seperti apa mereka tidak mengerti.

“Jadi dari ikatan yang satu melakukan cara untuk menjalankan organisasinya berbeda. Demikian pula dengan organisasi lainnya melakukan dengan cara yang berbeda. Itu yang kami lihat. Kemudian yang kedua, kami berpesan agar Pemerintah Kabupaten Tolikara beserta senior yang ada lebih khusus alumni kota study Jayapura untuk memback up kami, agar dalam pelaksanaan Kongres HMPT ke-7 ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, seperti yang kita harapkan,” tutup Dilera Tolong.

Artikel Terkait

Ketua DPRD Tolikara Tolak Vaksin Covid-19

Bams

Waket I DPRD Tolikara Sayangkan Sikap OPD Yang Tak Pernah Hadir Dalam Sidang Paripurna

Tiara

Sidang Perubahan APBD 2020 Tolikara Resmi Ditutup

Tiara

Rusia Fasilitasi Beasiswa Bagi OAP

Bams

Fraksi Gerindra DPR Papua Serahkan Bantuan Bama Kepada Dua Asrama Mahasiswa

Tiara

Yorrys Raweyai Salurkan Bantuan Sembako Untuk Mahasiswa Papua di Provinsi Aceh

Pasific Pos

Komisi IV DPR Papua, Bantu Pulangkan Puluhan Mahasiswa Akper Nabire dari Jakarta

Tiara

Mahasiswa Asal Tolikara Terdampak Wabah Covid-19 Terima BLT

Bams

Ketua Komisi V DPR Papua Geram, Pemkab Tolikara Belum Salurkan Bantuan ke Mahasiswa

Tiara