Pasific Pos.com
Papua Selatan

Event Pameran Foto Fisip Unmus

Ketua Komunitas Kandara Fotografer, Fajar Arfid Suhendra saat menerima piagam penghargaan dari pihak unmus (foto:iis)
‘Hadirkan Fotografer Berprestasi Asal Kota Rusa’

MERAUKE, ARAFURA,-Event pameran foto bertajuk ‘Merauke Dalam Lensa’ yang digelar oleh Fisip Unmus Senin lalu juga turut menghadirkan salah satu sosok fotografer berbakat asal Kota Rusa, Fajar Arfid Suhendra sebagai pemateri pada sesi diskusi dunia fotografi yang dihadiri oleh para mahasiswa. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komunitas Kandara Fotografer ini memang sudah sangat berpengalaman di dunia fotografi, bahkan pernah meraih prestasi membanggakan hingga tingkat internasional, antara lain juara dua di Argentina serta dua kali terpilih mengikuti pameran di Belanda, Swedia dan Belgia.

Prestasi yang diraih oleh Fajar juga membuat ia diliput oleh salah satu majalah Philipina. Sedangkan untuk event-event di dalam negeri, sudah sangat banyak yang pernah ia ikuti dan rata-rata merupakan event bergengsi tingkat provinsi dan nasional, baik yang diadakan di Jakarta, Jayapura dan Yogyakarta. Terakhir ia bahkan sempat mengikuti pameran di Negeri Ginseng Korea pada tahun 2018 lalu. Dalam materinya Fajar menyampaikan bahwa ia mulai mengenal dunia fotografi sejak tahun 2008 silam dan hingga sekarang semakin mencintai bidang yang satu ini. Ketrampilannya dalam memotret ini ia pelajari secara otodidak, banyak membaca dan sering mencoba.

Fajar juga terbilang aktif di media sosial sebagai sarana untuk menginformasikan hasil karyanya kepada publik luas sehingga semakin banyak yang menyukai foto-fotonya. “Semua yang saya tekuni berawal dari hobi sehingga jika dalam sehari saja tidak mengupload foto, sering timbul kekuatiran karena saya takut akan ketinggalan satu moment dalam sehari. Jadi melalui medsos kita bisa menciptakan sejarah kita sendiri,”jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan menunjukkan hasil foto di media sosial maka dapat lebih menguatkan dan menjadi bukti nyata bahwa apa yang kita potret memang benar adanya. Terkait dengan materinya mengenai dasar-dasar fotografi, Fajar lebih mengacu pada Galeri Fotografi Indonesia dimana ia juga telah menjadi member di dalamnya dan karena menjadi member inilah ia berhasil mengikuti pameran di Korea. Adapun yang dimaksud dengan fotografi adalah melukis dengan cahaya, dimana kata fotografi itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang diadaptasi dari Bahasa Yunani.

Artikel Terkait

TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Maritim Di Perbatasan Timur Indonesia

Arafura News

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

Arafura News

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News

Efraim: Misa Masih Berjalan Normal

Arafura News