Pasific Pos.com
Info Papua

dr. Sumule: ABK Kapal Dobonsolo Belum Positif

Kasus Positif Covid-19 di Papua
Juru Bicara Covid-19 Perovinsi Papua, dr. Silwanus Sumule
“Positif Rapid Test Belum Tentu Positif Covid-19”

 

Jayapura – Juru Bicara Covid-19 Perovinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menyakan anak buah kapal (ABK) KM Dobonsolo belum dinyatakan positif.

“Kemarin dilakukan pemeriksaan rapid test, dan dalam menetapkan seseorang positif virus corona adalah melalui pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) dengan melakukan swab,” tegasnya kepada wartawan dalam keterangan persnya di posko Covid 19 Papua, Selasa (21/4/2020) malam.

Ia mengatakan, Satgas Covid-19 Papua sudah mengambil langkah dengan bekerjasama dengan instansi sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk menangani kasus di KM Dobonsolo.

Jadi, kami masih melakukan pemeriksaan, jika hasilnya sudah keluar, maka kita akan sampaikan kepada rekan-rekan pers,” ucapnya.

Diketahui, KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Jayapura dengan membawa 30 kontainer berisi bahan makanan dan keperluan lainnya.

Sesuai prosedur tetap penanganan COVID-19, ABK pada kapal itu diperiksa suhu tubuh dan kesehatannya, serta dilakukan penyemprotan disinfektan pada kapal yang mengangkut bahan makanan tersebut. Selasa (21/4) terjadi penambahan 12 kasus baru positif corona di Papua, diantaranya, Kab Jayapura 1 pasien, Biak 2 pasien, Mimika 5 pasien, Boven Digoel 1 pasien, Keerom 2 pasien dan Kota Jayapura 1 pasien.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Fani

DPPAD Papua lakukan Rapid Test COVID-19 bagi ASN

Bams

Rapid Test Atlet Peparnas Papua Negatif

Bams