Pasific Pos.com
Info Papua

Antusias Masyarakat Papua Ikut Vaksinasi Covid-19 Masih Tinggi

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Robby Kayame dampingi Kepala Bidang P2P Dinkes Papua, dr. Aaron Rumainum saat menyampaikan arahan sebelum dilakukan vaksinasi kepada anak-anak di Aula One Wakur Lantai 3 Dinkes Papua, Senin, 7 Maret 2022.

Jayapura – Antusias masyarakat Papua untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 masih sangat tinggi, terlihat masyarakat yang mengantri di Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk ikut di vaksinasi, Senin (7/3/2022).

Kegiatan vaksinasi Covid 19 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Papua selama sepakan kedepan menargetkan 1.000 orang mulai dari anak usia 6 tahun hingga lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Robby Kayame ketika membuka kegiatan tersebut mengakui antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Ia pun berharap kegiatan vaksinasi tersebut bisa mencapai target yang ditentukan. “Kita optimis 1.000 orang bisa datang mengikuti vaksinasi, karena kami lihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Itu tanda bahwa masyarakat sudah mengerti bahwa vaksin COVID-19 bermanfaat bagi kesehatan pribadi, keluarga dan masyarakat,” kata mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Paniai itu.

Robby menambahkan, setiap warga yang mengikuti vaksinasi di Aula Dinas Kesehatan Papua itu juga akan diberikan beras premium 5 kg. Pemberian beras dari Pemprov Papua merupakan stimulan agar warga terdorong mengikuti vaksinasi ini.

“Ada beberapa dukungan dari Pemprov Papua yaitu berupa beras dan minyak goreng. Semoga pemberian ini bisa mendorong warga untuk mengikuti vaksinasi yang digelar Dinkes Papua,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang P2P Dinkes Papua, dr. Aaron Rumainum menyebutkan, data vaksinasi COVID-19 di Papua untuk dosis 1 telah mencapai 35 persen, 23 persen untuk dosis 2 dan 1,5 persen untuk dosis ketiga.

“Khusus cakupan vaksinasi untuk anak-anak ini paling tinggi di Kabupaten Merauke yakni sekitar 24 persen, berikutnya Kota Jayapura sekitar 16 persen disusul Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura masih belasan persen,” jelasnya.

Aaron pun menyatakan terdapat dua daerah di wilayah pegunungan Papua yang belum melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19 lagi dikarenakan faktor tertentu.

“Pertama itu Kabupaten Puncak yang belum melaksanakan vaksinasi lagi karena situasi keamanan, kedua di Kabupten Dogiyai karena faktor tertentu. Tapi sampai sekarang stok vaksin kita berlebihan,” tandasnya.

Berikut jadwal vaksiasi kepada masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya yang akan digelar dari tanggal 7 hingga 11 Maret 2022, di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Tanggal 7 Maret untuk anak usia 6-11 tahun, tanggal 8 Maret. Pre Lansia dan Lansia (45 tahun ke atas), tanggal 9 Maret untuk remaja usia 12-17 tahun, tanggal 10 dan 11 maret untuk Pemuda 18-44 tahun.

Artikel Terkait

Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB untuk Kembangkan Bisnis Menjadi #YangLokalYangJuara

Bams

Sekda: GMKI Harapan Besar Pemerintah dan Masyarakat Papua

Bams

Ekonomi Biru Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Papua

Bams

Lemhanas RI Buat Kajian Srategis Soal Papua

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Pemberian Beasiswa Selandia Baru

Bams

Pimpin Upacara HUT RI, Lukas Enembe: Papua Harus Lebih Maju

Bams

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Bams

Pemprov Papua programkan donor untuk pastikan ketersediaan Stok Darah

Bams

2.950 Tenaga Honorer Papua lolos Verifikasi dan Validasi

Bams