Pasific Pos.com
Lintas Daerah

DPR RI Dorong Percepatan Infrastruktur Telekomunikasi Kabupaten Puncak

Infrastruktur Telekomunikasi Kabupaten Puncak

Ilaga – Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mendorong Kementerian Kominfo untuk mempercepat pembangunan akses telekomunikasi di seluruh daerah 3T (daerah tertinggal, terdepan dan terluar), baik Papua maupun di wilayah Indonesia lainnya.

“Dalam era digitalisasi, kalau Indonesia sendiri tidak bisa mempercepat pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet melalui layanan jaringan yang tersedia, maka kita tidak menjadi negara yang terus berkembang,” kata Yan Mandenas ketika meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Puncak, Jumat (16/10/2020).

Yan Mandenas mengungkapkan khusus untuk Papua yang merupkan daerah 3 T, untuk itu tahun 2021 pekerjaannya sudah harus melengkapi jaringan infrastruktur telekomunikasi yang disediakan BAKTI KOMINFO dan penyedia jasanya PT Palapa Timur Telematika (PTT).

“Maka dari itu kunjungannya ke Papua, salah satunya meninjau sudah sejauh mana perkembangan pembangunan infrastruktur jaringan komunikasi yang dikerjakan PTT,” katanya.

Yan Mandenas menambahkan, kali ini daerah Kabupaten Puncak menjadi lokasi yang selanjutnya dilihat perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh PTT.

“Kami memilih Kabupaten Puncak sebagai sasaran untuk dikunjungi agar menjadi satu barometer khusus bahwa jika daerah yang sulit bisa dibangun maka ini adalah keberhasilan pemerintah,” katanya.

Menurut Yan, pembangunan inilah yang diinginkan pemerintah dalam hal pemerataan di seluruh wilayah Indonesia termasuk Papua.

“Yakni untuk menata kebijakan dalam rangka mempercepat pembangunan akses telekomunikasi dan jaringan internet di daerah-daerah 3T. Sehingga masyarakat di Papua khususnya di daerah pegunungan ini dengan mudah mendapat akses komunikasi,” ujarnya.

Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan pihaknya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Komisi I DPR RI kaitannya dengan percepatan pembangunan akses telekomunikasi.

“Apalagi dengan membawa Yayasan Bakti, PT Telkom Witel Papua untuk melihat langsung kondisi komunikasi di Kabupaten Puncak,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengharapkan dengan kehadiran tim dan rombongan Komisi I DPR RI ini dapat melihat secara langsung persoalan telekomunikasi serta ketersediaan jaringan internet di Kabupaten Puncak.

Diketahui, dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Puncak, Yan membawa rombongan yang terdiri dari BAKTI KOMINFO dan perusahaan yang melaksanakan pekerjaan Palapa Ring.

Artikel Terkait

Gubernur Enembe Desak Proyek Palapa Ring Segera Diselesaikan

Bams

Penerbangan Ke Puncak Kembali Ditutup

Ridwan

Willem Wandik : Berbicara Tentang Online, Pemkab Puncak Masih Terkendala Fasilitas Internet

Tiara