Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR Papua Berduka, Kehilangan Sosok Rekan Kerja

Komisi V DPR Papua Berduka
Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Yikya, SE saat menyerahkan bantuan bahan makanan kepada keluarga Almarhum. Arkelaus Asso.

Jayapura, – Perjalanan hidup seseorang tak ada yang tahu, kapan dan dimana. Namun jika Tuhan yang berkehendak tak ada yang bisa menghalauinya.

Begitupun dengan hari ini, Keluarga besar DPR Papua kembali berduka dengan berpulangnya salah satu Anggota Komisi V DPR Papua, periode 2019 – 2024, atas nama Arkelaus Asso, Sos, yang di kabarkan sakit dan menghembuskan nafas terakhir di RSUD Wamena Kabupaten Jayawijaya – Papua, pada Kamis 15 Oktober 2020, sekitar pukul 05.30 WIT.

Arkelaus Asso adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Yalimo pada periode lalu.

Selain itu, Almarhum (Alm), Areklaus Asso ini juga dikenal sebagai kader Gereja Kingmi terbaik dan yang paling aktif. Baik di Wamena maupun di Kota Jayapura.

Dengan rasa duka yang mendalam, Pimpinan dan segenap anggota Komisi V DPR Papua merasa sangat sedih dan kehilangan sosok rekan kerja yang dikenal begitu vocal, baik, dan santun namun penuh humoris.

Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Yikwa, SE mengatakan, ada rasa tak percaya atas kepergian Alm. Mungkin ini sudah takdir Tuhan dan ini sudah jalan Tuhan, sehingga kami pun harus merelakan dan ihklaskan kepergiannya.

“Dimata kami, Alm. Arkelaus Asso ini bukan saja sebagai rekan kerja, tapi beliau juga sebagai kakak sekaligus bapak bagi kami di Komisi V, yang sering memberi nasehat dan masukan-masukan positif kepada kami,”kata Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Yikwa didampingi Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Jack Komboy serta sejumlah anggota Komisi V DPR Papua, Namantus Gwijangge, Elly Wonda, Natan Pahabol dan Tarius Mul, disela-sela pemberian bantuan berupa bahan makanan dan uang duka kepada keluarga Alm. di Perumnas IV Waena, Kota Jayapura, Jumat (16/10

Turut hadir dalam rombongan itu, Sekretaris Komisi I DPR Papua, Feryana Wakerkwa dan Sekretaris Komisi II DPR Papua, Danton Giban.

Menurut Timiles, Alm. orangnya sangat baik dan orang yang tidak bisa diam, ada saja yang dia lakukan selama berada dalam kantor, sehingga suasana kantor jadi hidup dan tidak bosan.

“Bahkan disaat kami sudah mulai jenuh dan tak semangat, beliau selalu ada untuk menyemangati kami dan menghibut kami dengan guyonannya. Dengan kepergiannya ini, kami betul-betul terpukul dan sedih. Seakan tak percaya karena baru beberapa hari lalu kami sama-sama menjalankan tugas di Wamena. Kami berkumpul lalu bercanda,”kata Timiles Yikwa sambil meneteskan air mata.

Pada kesempatan itu, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga memberikan semangat kepada keluarga Alm. untuk tetap sabar, kuat serta ihklas.

Dengan adanya pemberian bantuan bahan makanan dan uang duka dari Komisi V, pihaknya berharap jangan dilihat dari nilainya atau seberapa banyak yang diberikan, tapi inilah bentuk kebersamaan yang selama ini dijalin semasa hidup Alm dalam lembaga DPR Papua khususnya di Komisi V DPR Papua.

“Apa yang kami berikan ini mungkin tidak seberapa nilainya, tapi jangan dilihat dari sisi itu, karena inilah batas kemampuan kami di Komisi. Semoga pihak keluarga dengan senang hati menerimanya. Namun jika nanti ada bantuan tersendiri dari lembaga, pasti kami dari Komisi V akan sampaikan hal itu. Tapi untuk hari ini kami dari komisi saja,” ujar Timiles.

Tak hanya itu, Timiles Yikwan pun menyampaikan, jika pihaknya juga akan memberikan bantuan yang sama kepada keluarga Alm yang ada di Wamena.

Salah satu perwakilan keluarga Alm. Arkelaus Asso didampingi sejumlah pihak keluarga mengaku terharu atas kunjungan Ketua Komisi V DPR Papua beserta rombongan

Bahkan, pihak keluarga Alm pun menyampaikan terimakasih dan senang menerima bantuan dari Komisi V DPR Papua, tanpa melihat berapa banyak jumlahnya dan nilainua.

“Karena dengan adanya bantuan itu memang sangat dibutuhkan oleh kami keluarga Alm. Semoga kebaikan hati bapak dan ibu anggota dewan yang sudah datang, mendapat balasan dari Tuhan,” kata salah satu perwakilan keluarga.

Tak hanya itu, meskipun beda komisi, namun Sekretaris Komisi I DPR Papua, Feryana Wakerkwa ikut hadir dan secara pribadi sekaligus memberikan sumbangan suka rela kepada keluarga almarhum Arkelaus Asso.

Dimata Feryana Wakerkwa, sosok Arkelaus Asso adalah orang sangat dihargai dan dituakan dalam lembaga DPR Papua, khususnya di Komisi V. Beliau pun sering memberikan motivasi, disamping itu trak recordnya sangat baik. Sehingga banyak yang merasa kehilangan atas kepergiannya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR Papua, Elly Wonda menambahkan, sosok Arkelaus Asso adalah orang yag paling aktif di gereja. Baik gereja Kingmi di pedalaman maupun yang ada di Jayapura.

“Jadi dia adalah salah satu kader Kingmi terbaik yang paling aktif di gereja. Baik di Wamena maupun di Jayapura,” kata Elly Wonda yang merupakan orang paling dekat dengan Almarhum.

Elly Wonda mengungkapkan, sifat Alm semasa hidupnya adalah orang yang paling vokal dan suka bercanda. Selalu terbuka dan banyak memberikan saran.

“Di Komisi dia orang yang selalu memberikan saran kepada kami semua. Dan dia juga salah satu kader terbaik PDIP. Secara pribadi, mungkin diantara semua teman, saya yang paling akrab dengan Alm. Walaupun tak bertemu dia selalu menanyakan kabar saya lewat telpon. Dia orang yang paling cepat angkat telpon ketika dihubungi. Dia responnya cepat,” tutur Elly Wonda.

Elly Wonda menambahkan, semasa hidupnya ketika lebih dulu mendapat informasih atau undangan kegiatan, dia langsung memberitahukan info tersebut.

“Dia orang paling aktif di komisi dan kalau ada rapat-rapat dia orang yang paling tepat waktu. Jadi secara pribadi saya sangat kehilangan dan sedih atas kepergiannya, karena dari semua teman di komisi, saya dengan Alm memang sangat dekat dan selalu bersama. Kini tak ada lagi tawa dan candanya yang kerap menghibur kami di kantor,” tutup Elly Wonda dengan mata berkaca-kaca.

Artikel Terkait

Lewat Hearing, Komisi V DPR Papua Telah Berikan Bantuan Bahan Bangunan di 4 Titik

Tiara

Ketua Komisi V DPR Papua Banyak Terima Keluhan dari Warga Perbatasan Kota Jayapura dan Keerom

Tiara

Hasil Reses di Dua Kabupaten, Namantus Gwijangge Temukan Banyak Masalah

Tiara

Diakhir Kegiatan Reses, Fauzun Nihayah Buka Sekolah Restorasi

Tiara

Reses Di Kampung Kumaaf, Fauzun Nihayah Serap Aspirasi Warga

Arafura News

Reses di Daerah Perbatasan, Tarius Mul Serap Banyak Aspirasi

Pasific Pos

Komisi V Menilai Ada Kelalaian Dalam Penanganan Alh. Hanafi Retob

Tiara

Komisi V DPR Papua Minta, Puskesmas Harus Dioptimalkan Kembali

Tiara

Komisi V Minta, Pemerintah Segera Tunjuk Satu Rumkit Khusus Tangani Pasien Umum

Tiara