Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Pendidikan & Kesehatan

Di SMPN 2 Sentani, KPID Papua Laksanakan Literasi Media Penyiaran Sehat Untuk Anak

Suasana kegiatan Literasi Media, yang dilaksanakan KPID Papua di SMPN 2 Sentani, Jumat (9/9/2022).

SENTANI – Kegiatan Literasi Media “Penyiaran Sehat untuk Anak” kembali dilaksanakan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua. Kali ini KPID Papua memilih SMP Negeri 2 Sentani menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan, yang dilaksanakan Jumat (9/9/2022).

Kegiatan yang diikuti puluhan pelajar ini dilakukan dengan tujuan memberikan wawasan baru bagi para pelajar di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, untuk dapat terlibat secara partisipatif dalam pengawasan konten siaran di lembaga penyiaran wilayah Papua. Berlangsung selama 4 jam, kegiatan ini disambut antusias oleh puluhan pelajar.

Salah satu perwakilan siswi, Alexa Pascha Paulin Wambukomo menilai kegiatan literasi media dengan tema penyiaran sehat untuk anak, sangat bermanfaat untuk ia dan teman-teman nya yang masih berusia remaja.

Ia juga mengungkapkan, sangat antusiasi saat mengikuti literasi media penyiaran sehat untuk anak sebab banyak hal-hal baru yang ia dapatkan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KPID Papua tersebut.

“Begitupun dengan teman-teman saya, karena dari literasi ini kami mendapatkan banyak pengetahuan salah satunya yaitu memilah konten yang baik dan tidak baik. Sehingga kami tidak salah dalam menonton suatu konten,” ujar Alexa.

Ditempat yang sama, Ketua KPID Papua Rusni Christine Abaidata menjelaskan, maksud dan tujuan literasi media ini, untuk membagi pengetahuan kepada pelajar mengenai konten siaran yang sehat, cara mengenalinya, serta mendorong para pelajar untuk cerdas dalam memilih konten siaran yang dikonsumsi. Supaya para pelajar terhindar dari konten siaran yang tidak sehat.

“Tujuan kami menyelenggarakan kegiatan ini, agar anak-anak atau pelajar lebih memaknai dan juga memahami, mana yang baik dan mana yang seharusnya tidak boleh untuk mereka dengar maupun mereka tonton, terlebih di siaran televisi,” aku Christine.

Untuk itu, selaku ketua KPID Papua ia mengucapkan terima kasih kepada pihak SMPN 2 Sentani, baik itu kepala sekolah, guru-guru dan anak-anak yang hari ini telah mengikuti bersama kegiatan Literasi Media, yang diawali dengan sosialisasi tentang apa itu penyiaran sehat untuk anak.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sentani, Kelasina Yanggroseray mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur sekali, karena SMPN 2 Sentani dipilih sebagai tempat sosialisasi kegiatan Literasi Media dari KPID Papua.

“Kegiatan yang diadakan oleh KPID Papua ini sangat penting. Kami berharap, melalui literasi media ini anak-anak dapat memilah, memilih dan membagikan setiap informasi yang mereka dengar maupun tonton, untuk menjadi pesan sebagai penguatan bagi orang lain,” ujarnya.

“Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih kepada KPID Papua dan kami harap kegiatan seperti ini juga dapat dilakukan di sekolah-sekolah yang lain,” ucap kelasina diakhir wawancara.

Artikel Terkait

KPID Papua Gelar Liiterasi Media di SDN Inpres Abeale I Sentani

Jems

Gubernur Lukas Enembe Dinobatkan Sebagai “Bapak Peduli Penyiaran Sehat Berimbang dan Edukatif”

Bams

Kadis Kominfo Papua Diganjar Penghargaan

Bams

Yan Mandenas Temui KPI dan KPID Papua

Bams

Rusni Abaidata Terpilih Sebagai Ketua KPID Papua Periode 2019–2022

Bams

Komisioner KPID dan KI Papua Resmi Dilantik

Bams

KPID Papua: Lembaga Penyiaran Wajib Memiliki Izin Siar

Zulkifli